LRT Jabodebek Bisa Meluncur Tanpa Masinis, Beroperasi Agustus 2022

Cahya Puteri Abdi Rabbi
14 Oktober 2021, 17:21
LRT, LRT Jabodebek, infrastruktur, Luhut
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc.
Petugas mengecek kereta di Stasiun LRT TMII, Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Rangkaian kereta atau Train set LRT Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) ke-31 telah diberangkatkan dari Madiun ke Jakarta untuk pengujian di lapangan. Train set tersebut menggunakan teknologi canggih dan bisa meluncur tanpa masinis.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan  menyampaikan, moda transportasi  LRT menggunakan teknologi tinggi, yakni teknologi Grade of Automation (GOA) level tiga.

Tekonologi tersebut memungkinkan kereta dapat dioperasikan melalui sistem komputer secara otomatis dan realtime sehingga tidak memerlukan masinis.

Kondisi tersebut memerlukan banyak hal yang diperhatikan lebih detail, termasuk aspek penting dalam menjamin keselamatan dan pelayanan LRT Jabodebek nantinya.

 Karena itulah, dia meminta agar produksi dan pengujian LRT Jabodebek dilakukan sesuai dengan standar internasional. 

“Saya terus tekankan kepada PT INKA, KAI dan LEN, benar-benar memastikan setiap detail produksi dan pengujian LRT ini dilakukan dengan baik dan standar internasional,” kata Luhut dalam acara Pelepasan Kereta LRT Jabodebek Trainset ke-31, Kamis (14/10).

Sebagai informasi, LRT Jabodebek terdiri dari 31 train set yang awalnya dimulai sejak Oktober 2019 lalu.

Train set LRT ini diberangkatkan dari Madiun ke Jakarta untuk selanjutnya dilakukan uji coba di lapangan. Proses ini adalah langkah lanjutan dari pengujian internal yang dilakukan oleh PT INKA.

 Kepada seluruh pemangku kepentingan, Mantan Kepala Staf Kepresidenan tersebut meminta untuk memastikan tetap menjaga solidaritas dalam pengujian LRT selanjutnya di lapangan.

  Hal ini dimaksudkan agar seluruh tahap pengujian dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, dan LRT jabodebek bisa beroperasi optimal pada Agustus 2022 sebagaimana yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Lebih lanjut, dia berpesan setelah proses pengujian internal di pabrik INKA ini selesai, perlu adanya transfer knowledge dalam setiap produksi dan pengujian kereta LRT Jabodebek.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...