Bikin Gentar Pelaku Illegal Fishing, RI-Australia Patroli Laut Bersama

Image title
11 November 2021, 17:26
Illegal fishing, Australia, perikanan, kelautan
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)
Patroli bersama Jawline-Arafura yang melibatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Australian Border Force (ABF)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan patroli bersama Pasukan Perbatasan Australia (ABF) dalam rangka memberantas praktik illegal fishing di kawasan perbatasan Indonesia-Australia.

Kegiatan patroli yang disebut dengan Jawline-Arafura tersebut akan dilaksanakan selama sepekan kedepan.

 Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Adin Nurawaluddin mengatakan sejauh ini sudah ada Kapal Pengawas Perikanan Orca 04 yang berangkat dan melakukan pengawasan udara dalam operasi tersebut.

 Jawline-Arafura merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai komitmen antara Indonesia dengan Australia untuk bekerja sama dalam menangani illegal fishing yang terjadi di wilayah perbatasan kedua negara. 

 “Harapan kami melalui patroli dan kerja sama yang dilakukan, akan memberikan dampak positif dalam upaya memerangi pelanggaran di wilayah perbatasan,” ujar Adin seperti dikutip dalam keterangan resmi pada Kamis (11/11).

 Operasi Jawline-Arafura sebelumnya sempat ditunda pasca terjadinya pembakaran tiga kapal nelayan Indonesia yang dilakukan otoritas Australia.

ABF kemudian memberikan klarifikasi mengenai insiden tersebut.

ABF menjelaskan pembakaran yang dilakukan pada bulan Oktober lalu merupakan merupakan tindakan yang diatur dalam aturan nasional Australia.

Aturan tersebut ada untuk menjamin keamanan, keselamatan para nelayan, dan mencegah potensi hama ataupun penyakit.

Dalam penjelasan ABD disebut bahwa tidak ada nelayan yang ditahan dan diminta secara baik-baik untuk meninggalkan perairan Australia.

 Setelah klarifikasi ABG, kedua belah pihak kemudian sepakat untuk melaksanakan patroli terkoordinasi.

Hal ini termasuk dalam rangka kerjasama Indonesia Australia Fisheries Surveillance Forum (IAFSF).

 Direktur Pemantauan dan Operasi Armada, Pung Nugroho Saksono mengatakan operasi Jawline-Arafura merupakan momentum baik bagi kedua negara untuk meningkatkan efektivitas operasi bersama.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...