Hampir 4 Juta Orang Akan Bepergian ke Jawa Tengah Saat Libur Nataru

Cahya Puteri Abdi Rabbi
17 Desember 2021, 10:22
Nataru, Jawa tengah, syarat perjalanan
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc.
Pemudik sepeda motor memadati jalur pantura Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (11/5/2021) malam. Memasuki H-2 jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, volume kendaraan yang melintas di jalur pantura Indramayu dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah mengalami peningkatan.

Pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), hampir empat juta orang diperkirakan akan menuju Jawa Tengah (Jateng). Jumlah tersebut hampir setengah dari total orang yang diprediksi melakukan perjalan selama Nataru.

Sebagai catatan, survei Kementerian Perhubungan menunjukan sekitar 10 juta orang masih berkeinginan untuk melakukan perjalanan selama libur Nataru.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Jateng merupakan daerah tujuan favorit masyarakat untuk melakukan perjalanan di masa libur Nataru.

“Pada libur Nataru kali ini, hampir 4 juta orang diprediksi akan menuju Jateng, untuk itu kita harus bisa mengelola pergerakan ini dengan baik,” kata Budi dalam keterangan resminya, Kamis (16/12).

Hal tersebut disampaikan Budi saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat mempimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Penanganan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022, dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan para pemangku kepentingan terkait.

 Budi mengingatkan kepada jajaran Pemerintah Daerah Jateng beserta pemangku kepentingan terkait.

Hal itu untuk memastikan mereka yang melakukan perjalanan telah memenuhi ketentuan protokol kesehatan yang berlaku di masa libur Nataru.

Adapun pengetatan protokol kesehatan yang diatur yakni, masyarakat usia dewasa yang berpergian jarak jauh wajib sudah vaksin dua kali atau dosis lengkap dan menunjukkan hasil negatif tes antigen 1x24 jam.

Ia juga mengimbau kepada para pengelola kendaraan logistik, untuk melakukan aktivitas muatan logistik sebelum tanggal 20 Desember 2021.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...