Tol Manado Bitung Seksi 2B Beroperasi Besok Sampai 4 Januari

Jalan tol dioperasikan secara fungsional pada pukul 06.00 -18.00 WITA.
Image title
22 Desember 2021, 18:34
Tol, Jalan tol, infrastruktur
Kementerian PUPR
Tol Manado BItung

Jelang perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B ruas Danowudu-Bitung akan beroperasi secara fungsional.

Jalan tol yang beroperasi sepanjang 13 kilometer, tepatnya mulai dari Km 26+350 s.d. KM 39+800 mulai tanggal 23 Desember 2021 sampai dengan 4 Januari 2022.

Untuk memastikan kenyamanan pengguna jalan, khusus segmen ruas  Danowudu-Bitung yang dioperasikan secara fungsional, hanya dibuka pada pukul 06.00 s.d. 18.00 WITA.  

Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung Charles Lendra memastikan bahwa, seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung aman untuk dilintasi pengguna jalan. 

Advertisement

Walaupun dioperasikan secara fungsional, konstruksi Jalan Tol Manado-Bitung seksi 2B Danowudu-Bitung telah mencapai 99.9%.

"Namun kami akan terus berkoordinasi dengan kontraktor untuk memastikan kebersihan dan kesiapan jalur sebelum dibuka secara fungsional pada 23 Desember 2021 nanti,” kata Charles dalam siaran pers, Rabu (22/12).

 Charles menambahkan bahwa, PT JMB akan terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholder, khususnya pemerintah daerah, kepolisian dan dinas perhubungan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan selama melintas di jalan Tol Manado-Bitung.

Pengoperasian secara fungsional seksi 2B Danowudu-Bitung dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan selama perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Langkah ini juga diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat ke berbagai wilayah di Sulawesi Utara, karena keseluruhan ruas Tol Manado-Bitung sepanjang 39,89 kilometer telah tersambung sepenuhnya.

Di samping itu, PT JMB bersama Jasamarga Nusantara Tollroad Regional mengimbau pengguna jalan untuk tetap memperhatikan kesiapan diri dan kendaraan sebelum memulai perjalanan.

Pembangunan ruas tol Manado-Bitung merupakan salah satu dukungan yang signifikan bagi pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Manado – Bitung – Likupang. 

Dengan tersambung seluruhnya Jalan Tol Manado-Bitung akan dapat mengurangi beban jalan arteri nasional yang kondisinya semakin padat.

Jalan tol tersebut akan memberikan kemudahan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung yang merupakan salah satu dari pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur.\

Dengan seluruh ruas tol sepanjang 40 kilometer tersebut rampung maka akan memangkas waktu tempuh Manado – Bitung dari waktu tempuh rata-rata 1,5 jam menjadi setengah jam.




Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait