Bisnis Retail Diyakini Bakal Pulih saat Lebaran Tahun Depan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
22 Desember 2021, 16:18
bisnis, retail, lebaran, perdagangan
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Pengunjung berbelanja makanan dan minuman di Supermarket GS The Fresh, Mal Boxies123, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/12/2021)

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memproyeksikan bisnis retail akan pulih pada pertengahan tahun 2022. Pemulihan bisnis retail sangat bergantung pada penanganan Covid-19 dan capaian vaksinasi.

Ketua umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengatakan, jika pandemi sudah menjadi endemi dan tingkat vaksinasi sudah mencapai 80%, bisnis retail diyakini kembali pulih bersamaan dengan momen Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 2022.

"Kita berharap ini bisa terealisasi, sehingga paruh waktu kedua tahun 2022 retail sudah bisa recovery," kata Roy dalam sebuah webinar, Rabu (22/12).

Kondisi bisnis retail pada tahun ini dinilai sudah lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Namun, level pertumbuhan belum signifikan jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi. Roy menyebut, saat ini bisnis retail masih berada pada tahap pra-recovery.

Pertumbuhan bisnis  retail beriringan dengan pertumbuhan ekonomi nasional. 

Pada kuartal I 2021 pertumbuhan ritel tercatat minus 1%-1,5%. Lalu pada kuartal II 2021, bisnis ritel tumbuh 5-5,5%.

Namun, tren pertumbuhan  retail  tidak berlanjut pada kuartal III 2021. Penyebaran varian delta dan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat pada akhir Juni-Agustus membuat pertumbuhan ritel pada kuartal III berada pada level 2%-2,5%.

Ia memperkirakan, bisnis  retail  pada kuartal ke IV 2021 akan tumbuh sekitar 3-3,5% dengan asumsi pertumbuhan ekonomi mencapai 4,5-5%.

"Tentunya ini peran kita bersama untuk terus menjaga protokol kesehatan, agar mobilitas masyarakat tetap terjaga," katanya.

 Sebelumnya, tingkat kunjungan ke pusat belanja diproyeksikan mencapai 70% hingga akhir tahun 2021. Hal ini seiring dengan batalnya pemberlakuan pembatasan atau PPKM level 3 saat Natal dan Tahun Baru.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...