Kerusuhan Kazakhstan Tewaskan Puluhan Orang, WNI Diminta Diam di Rumah

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Januari 2022, 15:37
Kazakhstan, WNI, Rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Pavel Mikheyev/AWW/djo
Pemandangan mobil polisi yang terbakar saat aksi protes menentang kenaikan harga LPG menyusul keputusan otoritas Kazakh untuk mencabut batas harga pada bahan bakar gas cair di Almaty, Kazakhstan, Selasa (4/1/2022). \

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Kazakhstan Fadjroel Rachman mengimbau warga negara Indonesia (WNI) yang berada di negara tersebut tidak bepergian ke luar rumah.

Himbauan dikeluarkan mengingat makin panasnya situasi politik, sosial,  dan keamanan di sana.

 "Sehubungan dengan perkembangan situasi di Kazakhstan dan diumumkannya 'State of Emergency' oleh Presiden Kazakhstan, dengan hormat disampaikan imbauan kepada seluruh WNI di wilayah Kazakhstan untuk selalu waspada dan berhati-hati," kata Fadjroel dalam keterangan resminya, Jumat (7/1).

Fadjroel mengimbau kepada seluruh WNI untuk menjauhi kerumunan dan tidak berpergian ke luar rumah kecuali untuk hal-hal penting.

 Selain itu, WNI diminta untuk mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat, menjaga ketertiban, dan tidak ikut dalam aksi-aksi massa yang dilakukan di wilayah setempat.

Ia juga meminta WNI untuk tidak yang bersifat publik terhadap perkembangan situasi dalam negeri Kazakhstan.

Dia juga berharap WNI agar saling berkomunikasi dengan sesama WNI yang berada di kota/wilayah masing-masing.

"Berkomunikasi dengan KBRI melalui grup WNI dan jalur-jalur komunikasi yang memungkinkan untuk memberikan update kondisi masing-masing untuk diketahui bersama," katanya.

 Adapun, alamat KBRI Kazakhstan berada di Street 22 Nursultan 020000, atau bisa menghubungi hotline KBRI 24 jam melalui SMS, telepon atau WhatsApp Group 77718360245.

Lebih lanjut, ia memastikan bahwa 141 WNI yang berada di Republik Kazakhtan dan 3 WNI di Tajikistan daam keadaan sehat dan aman.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...