Waspadai Corona, Ratu Elizabeth Mulai Batalkan Rencana Perjalanan

Martha Ruth Thertina
14 Maret 2020, 12:02
Ratu Elizabeth, Ratu Elizabeth batalkan perjalanan, Corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Chris Radbur
Ratu Elizabeth dari Inggris saat berjalan meninggalkan gereja di St Peter & St Paul di West Newton, Norfolk, Inggris, Minggu (2/2/2020).

Keluarga kerajaan Inggris mengambil langkah pencegahan sebagai respons atas pandemi virus corona. Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles dan istrinya Dutches of Cornwall Camilla Parker Bowles telah membatalkan rencana perjalanan.

Seperti diberitakan WWD, Ratu yang kini berusia 93 tahun membatalkan rencana kunjungan ke Cheshire dan Camden pada akhir bulan ini. “(Pembatalan adalah) langkah pencegahan yang masuk akal dan praktis di tengah situasi terkini,” demikian tertulis dalam pernyataan resmi yang dipublikasikan oleh pihak Istana Buckingham.

Advertisement

(Baca: Bos WHO & Jokowi Berkontak Telepon, Sepakati Kerja Sama Tangani Corona)

Pihak Istana menyatakan keputusan tersebut dibuat setelah berkonsultasi dengan otoritas kesehatan Inggris. Adapun rencana kunjungan lainnya akan dikaji seiring berjalannya waktu.

Berbarengan dengan pengumuman tersebut, Clearence House juga mengumumkan pembatalan perjalanan Pangeran Charles dan Camilla. Keduanya membatalkan tur mereka ke Bosnia dan Herzegovina, Siprus dan Yordania dari 17 hingga 25 Maret.

"Karena situasi yang sedang berlangsung dengan pandemi virus corona, pemerintah Inggris telah meminta Yang Mulia untuk menunda tur musim semi mereka ke Bosnia dan Herzegovina, Siprus dan Yordania.”

(Baca: Video: Mengapa Pemerintah Tidak Lockdown dari Pandemi Corona)

Pengumuman pembatalan kunjungan oleh Pangeran Charles dan Camilla terjadi tepat setelah Pangeran Harry dan Meghan Markle, melakukan tugas terakhir mereka sebagai anggota senior kerajaan, dan setelah Pangeran William serta Kate Middleton melakukan perjalanan ke Irlandia Utara selama tiga hari.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement