Festival Cinta, Ajang Pemanasan Seniman dengan Menerapkan Prokes

Image title
Oleh Tim Redaksi
21 Februari 2022, 07:41
Festival Cinta, Ajang Pemanasan Seniman dengan Menerapkan Prokes
Katadata | Ajeng Nindias

Semestinya, Festival Cinta diadakan selama tiga hari, dari Jumat hingga Minggu kemarin. Namun ajang pemanasan seniman yang diselenggarakan Ikigue Nuswantara dan komunitas Yoga Gembira bersama Omah Petroek ini dipadatkan akibat laju Covid-19 di Yogyakarta.

Frieda Yotaliana Treurini, panitia festival, menyebutkan pihak penyelenggara sempat mempertimbangkan kelangsungan kegiatan tersebut. “Akhirnya kami berkompromi dengan menyingkat waktu festival dari tiga hari menjadi sehari pada 19 Februari,” katanya. Peserta yang ikut tidak dibatasi, siapa pun yang tertarik bisa mendaftar.

Beberapa wilayah, juga Yogyakarta, memang sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3. Sejumlah kegiatan diperketat, termasuk aktivitas seni budaya, dengan izin buka hanya berkapasitas maksimal 25 % dan mesti menerapkan protokol kesehatan ketat.

Data Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta menunjukkan peningkatan angka kasus baru Covid-19 sejak awal Februari. Pada Sabtu (19/02), mereka yang positif terkena virus corona di Yogyakarta bertambah 1.964 orang.

Frieda mengatakan ada beberapa aturan yang dibuat untuk peserta dan panitia. Hanya mereka yang sudah divaksin dua kali serta dalam keadaan sehat yang boleh mengikuti acara. Jumlah peserta pun dibatasi 30 orang.

Ketika melakukan pendaftaran ulang, peserta juga diminta untuk mengecek suhu dan wajib memakai masker. ”Untuk panitia, semuanya menjalani rapid test antigen untuk memastikan bersih dari virus. Kami juga mengarahkan peserta untuk memakai masker dan menjaga jarak,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...