Palagan Pamungkas Jenderal Tugas

Ameidyo Daud Nasution
28 Maret 2023, 11:57
Pandemi, Tugas Ratmono, Covid-19
Ilustrator: Lambok Hutabarat | Katadata
Ilustrasi Mayor Jenderal Tugas Ratmono

Mayor Jenderal TNI Tugas Ratmono menghadapi perang besar ketika menjalani penugasan terakhir sebelum pensiun. Ia mulai dikenal saat memimpin pertempuran melawan pandemi Covid-19.

Hal ini lantaran Tugas diamanatkan untuk menjadi koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Dia memulai penugasannya di sana pada 29 Juli 2020. Jabatan ini merupakan tugas tambahan usai menjadi Kepala Pusat Kesehatan TNI pada tahun itu. 

Jabatan yang diembannya tidak main-main. Tugas harus memimpin RSDC Wisma Atlet saat rumah sakit ini mengarungi masa-masa kritisnya karena ledakan jumlah pasien pada pertengahan 2021.

Saat memulai tugas, pasien Covid-19 di Wisma Atlet mencapai 589 orang. Rumah sakit ini sempat menghadapi ledakan pasien hingga 7.167 orang pada 30 Juni 2021 karena varian Delta. 

Ketika itu, Tugas memikul tantangan berat: memastikan RSDC Wisma Atlet tidak kolaps karena membludaknya pasien. Oleh karenanya, jumlah kasur perawatan hingga oksigen diperbanyak. Sedangkan kapasitas RS Wisma Atlet ditambah hingga menjadi 7.894 kasur.

Halaman:

Dalam rangka mengapresiasi para tokoh yang berkontribusi besar dalam penanganan pandemi Covid-19, Katadata menyajikan edisi khusus Katadata25. Sebanyak 25 tokoh atau lembaga kami sajikan dalam beragam konten informatif. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...