Debat capres IV Show
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Image title
Oleh Ajeng Dinar Ulfiana
31 Maret 2019, 01:52

Riuh-rendah Debat Capres Jokowi vs Prabowo Babak Empat

Komisi Pemilihan Umum kembali menyelenggarakan debat capres (calon presiden) 2019. Dalam debat keempat kemarin, Sabtu (30/03), kerap terjadi perbedaan pendapat antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto ketika menanggapi masalah pertahanan dan keamanan.

Seperti biasanya, debat kali ini pun dimulai pukul 20.00 WIB dan dilaksanakan di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat. Suasana riuh-rendah ketika kedua kandidat merespons pertanyaan dari pemandu acara mengenai alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI dan alat material khusus (Almatsus) Polri.

Begitu juga ketika masuk tema hubungan internasional, termasuk saat memaparkan keunggulan diplomasi internasional yang mengandung dimensi kerja sama sekaligus persaingan. Kedua calon presiden berbeda dalam menanaggapinya. (Baca: Diplomasi Jokowi Andalkan Penduduk Muslim, Prabowo Kekuatan Militer)

Selama debat, hasil analisis sentimen Twitter menunjukkan sentimen negatif untuk Prabowo meningkat dari 37 % pada pukul 21.14 WIB menjadi 45 % pada pukul 21.24 WIB. Sentimen positif dari warganet untuk Prabowo turun menjadi 46 % pada pukul 21.24 WIB kemudian naik menjadi 52 % pada pukul 21.44 WIB.

Sementara itu, sentimen negatif untuk Jokowi pada pukul 21.14 WIB berada di level 19 % kemudian naik menjadi 27 % pada pukul 21.24 WIB. Sentimen positif dari warganet untuk Jokowi mencapai 71 % pada pukul 20.44 WIB. Kemudian, sentimen ini turun menjadi 55% pada 21.44 WIB.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.