PENYALURAN BANTUAN SOSIAL TUNAI DI JAKARTA Show
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Image title
Oleh Adi Maulana Ibrahim
21 Januari 2021, 12:20

Foto: Penyaluran Bantuan Sosial Tunai di DKI Jakarta

Bantuan sosial tunai atau BST untuk meringankan dampak pandemi corona mulai dibagikan. Di Ibu Kota DKI Jakarta, penyalurannya sejak Senin pekan lalu yang bergilir di beberapa keluarahan atau kecamatan. Targetnya, bantuan ini selesai di akhir Januari.

Berbeda dengan program sebelumnya, bantuan sosial pada 2021 diberikan berupa uang tunai yang diterima langsung oleh penerima, atau melalui rekening. BST merupakan satu dari tiga bantuan sosial pemerintah di tahun ini. Dua lainnya yakni program keluarga harapan dan program sembako.

Penerima program bantuan sosial tunai akan mendapatkan uang Rp 300 ribu selama empat bulan berturut-turut, dari Januari hingga April 2021. Dalam periode ini, ada 1.055.216 penerima yang dilakukan secara bertahap dan bergiliran. Lokasi penyalurannya di 160 titik. BST yang disalurkan melalui rekening akan diberikan dalam bentuk kartu tabungan dan kartu ATM Bank DKI.

Ketika akan mengambil bantuan ini, para penerima wajib membawa undangan, KTP dan kartu keluarga yang asli dan fotocopy. Mereka diharapkan datang sesuai dengan jadwal untuk menghindari kerumunan.

Bagi penerima BST yang berhalangan hadir sesuai jadwal pendistribusian, mereka akan diundang kembali di sesi berikutnya, setelah distribusi pertama selesai pada lima wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.