Sebanyak 300 ODGJ Jalani Swab PCR Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
24 Agustus 2021, 08:10

Foto: Upaya Keras Melacak Covid-19 di Kelompok ODGJ Melalui Swab PCR

Sebanyak 300 orang dengan ganggunan jiwa atau ODGJ menjalani tes swab PCR di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. Kemarin, Senin 23 Agustus 2021, petugas panti bekerja sama denga Puskesmas Cipayung melacak penyebaran virus Covid-19 di tempat rehabilitasi mental itu.

Sebelumnya, lima warga binaan, termasuk perawat, terkonfirmasi positif setelah menjalani swab tes saat tahap skrining  vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi ODGJ, dan ODMK yang dirawat. Orang dengan gangguan jiwa tergolong kelompok yang rentan terpapar virus corona

Selama menjalani swab PCR ini, petugas panti dan tenaga medis cukup mengalami kesulitan. Tak sedikit dari pasien yang melawan saat hendak diambil sampel air liurnya.

Utari, Kepala Panti Sosial Bina Insan Bangung Daya 2, menyatakan, harusnya di Agustus ini para warga binaan sudah mendapatkan suntik vaksin dosis kedua. Namun, "Berhubung kedatangan banyak pasien baru, kami mengantispasi dan melakukan tahap skrining ulang untuk memastikan keamanan dan kesehatan pasien sebelum menerima suntikan vaksin kedua." kata Utari.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah mencanangkan vaksinasi bagi penyandang disabilitas di Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi, Kota Bogor. Menurutnya, ODGJ pada umumnya memiliki penyakit bawaan atau komorbid cukup banyak. Masalahnya, mereka kerap tidak bisa mengungkapkan yang dirasakan dengan terbuka.

 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.