Perekaman e-KTP Bagi Transpuan di Jakarta Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
18 September 2021, 08:30

Foto: Jalan Transgender Perempuan Mendapat Identitas di KTP Elektronik

Berkali-kali Muhammad Sodikin mengajukan berkas untuk perekaman data kartu tanda penduduk elektronik. Namun upaya lelaki yang telah berubah menjadi wanita atau transgender perempuan ini selalu menemui jalan buntu.

Harapannya baru terwujud pada Kamis kemarin, 16 September 2021. Dia dan transgender perempuan atau transpuan yang lain akhirnya menjalani pembuatan KTP elektronik di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. “Saya sudah mencoba berkali-kali, namun nihil. Selalu dapat penolakan,” kata Sodikin.

Padahal, kartu identitas ini begitu berguna bagi mereka, seperti warga negara yang lain. “Dengan kepemilkkan KTP, kami bisa urus berbagai macam akses, baik kesehatan, pendidikan, juga untuk keperluan vaksinasi Covid-19 yang sedang dalam masa pengajuan,” ujarnya.

Selama perekaman data, para transgender perempuan didampingi Mami Yuli selaku Ketua Waria Indonesia. Pendampingan ini untuk mempermudah proses pembuatan e-KTP di kelurahan maupun di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta. 

Proses pendampingan ini perlu, kata Yuli, lantaran mereka kerap menghadapi diskriminasi dari pihak RT maupun RW. Saat ini masih ada ratusan trasnpuan yang belum memilliki kartu identitas. “100 dari 400 transpuan sedang dalam proses perekaman e-KTP. Semua ini untuk keperluan vaksinasi Covid-19 karena kami termasuk yang rentan terpapar selama bekerja di luar rumah,” ujar Yuli.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.