Unjuk Rasa, 17 Mahasiswa Papua Diamakan Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
1 Oktober 2021, 08:20

Foto: Unjuk Rasa Mahasiswa Papua di Kedutaan Amerika Serikat

Aksi unjuk rasa yang digelar Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di depan Gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Kamis kemarin berakhir ricuh. Aparat kepolisian merespons para peserta demo dengan tindakan preventif. "Terkonfirmasi sebanyak 17 masa aksi kami amankan karena membuat kerumunan di masa PPKM Level 3," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Hengki Haryadi.

Alhasil, unjuk rasa untuk memperingati Roma Agreement ke-59 tidak berjalan lama. Dalam hitungan menit setelah masa aksi keluar dari angkutan umum yang mereka sewa, pihak kepolisian berpakaian lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD) langsung menyapu bersih para mahasiswa.

Dalam aksi tersebut, pendemo juga lantang menyauarakan tentang kesejahteraan masyarakat di Papua. "Bagaimana sikap negara dengan kampung kami, yang saat ini beralngsung pekan olahraga nasional (PON). Seolah Papua sedang baik-baik saja," suara seorang perempuan menyeruak saat diangkut ke dalam mobil aparat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.