Kerajinan Kulit Buaya di Merauke Kian Menggeliat Show
ANTARAFOTO/Galih Pradipta
Image title
Oleh Antara
27 Oktober 2021, 13:05

Foto: Kerajinan Kulit Buaya di Merauke Kian Menggeliat

Kerajinan kulit buaya sudah lama digunakan di industri fashion dunia. Kulitnya yang keras dan kuat menjadikan material ini banyak dicari untuk dijadikan beragam benda seperti tas, sepatu, dompet dan lain-lain.

Di Indonesia, kerajinan kulit buaya juga sudah menjadi salah satu ikon dari Merauke, Papua.  Tak sulit rasanya bagi wisatawan yang berkunjung ke kota paling timur di Indonesia itu menemukan toko yang menjual suvenir kerajinan kulit buaya.

Namun untuk membuat sebuah kerajinan kulit buaya membutuhkan waktu yang lama. Butuh proses serta keterampilan dalam mengolah bahan baku hingga menjadi produk bernilai ekonomi tinggi.

Sayangnya, meski perajin kulit buaya di Merauke relatif banyak, tapi belum ada penangkaran buaya untuk menyuplai bahan baku. Perajin masih mengandalkan pasokan dari luar kota seperti Jayapura untuk mendapatkan kulit buaya.

Hal itu dikarenakan buaya merupakan salah satu hewan dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Berdasarkan peraturan tersebut buaya termasuk dalam kategori Apendiks II CITES yaitu daftar spesies yang tidak terancam kepunahan, tetapi mungkin punah bila perdagangan terus berlanjut tanpa pengaturan.

Penunjukan Merauke sebagai salah satu klaster tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua membawa berkah bagi perajin kulit buaya. Tak sedikit dari atlet dan ofisial kontingen yang berbelanja suvenir kerajinan kulit buaya. Roda perekonomian pelaku UMKM di sana pun ikut menggeliat setelah selama ini terdampak pandemi Covid-19.

Kerajinan kulit buaya Merauke memiliki potensi sebagai salah satu sektor industri ekonomi kreatif unggulan yang berkembang di masa depan. Hal ini akan berdampak langsung pada para pelaku usaha seperti perajin, penyedia kulit, hingga pemilik toko suvenir khas Merauke.

Foto dan Teks : Galih Pradipta

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.