Produksi Barongsai Meningkat Menjelang Imlek di Masa Pandemi Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
23 Januari 2022, 05:45

[Foto] Produksi Barongsai Meningkat Kembali Menjelang Imlek

Pandemi Covid-19 sempat menggerus pendapatan industri rumahan produksi barongsai milik Lily Hambali di Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor, Jawa Barat. Namun kini Lily Barongsai & Liong Workshop dengan lima karyawan itu sudah kembali menerima pesanan.

Ada yang order barongsai dan liong 20 buah dari Jabodetabek, Medan, Padang, Palembang, Pontianak dan Makassar. Barongsainya dijual mulai Rp 5 juta dan liong dibanderol Rp 8 juta.

Sejak 2000, Lily memulai profesi sebagai pembuat kostum barongsai dan liong. Lelaki 50 tahun itu mengalami kemerosotan pendapatan semenjak Covid-19 menyebar di Indonesia pada 2020-2021. Pesanan kostum menurun hingga 90 % karena minimnya pentas barongsai dan liong.

Namun pada perayaan Imlek yang jatuh pada 1 Febuari 2022, pesanan meningkat kembali hingga 40 %. Hal ini seiring beberapa daerah telah melonggar PPKM. Lily pun menyediakan reparasi barongsai dan liong, dengan waktu pengerjaan sekitar 20 hari.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.