Inpex Kumpulkan Data Rona Lingkungan untuk AMDAL Blok Masela

Image title
22 Agustus 2020, 11:50
Ilustrasi. Inpex Corporation melalui anak perusahaan Inpex Masela, Ltd. terus berupaya merampungkan proses kegiatan AMDAL proyek Lapangan Gas Abadi Blok Masela.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Inpex Corporation melalui anak perusahaan Inpex Masela, Ltd. terus berupaya merampungkan proses kegiatan AMDAL proyek Lapangan Gas Abadi Blok Masela.

Inpex Corporation melalui anak perusahaan Inpex Masela, Ltd. terus berupaya merampungkan proses kegiatan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) proyek Lapangan Gas Abadi Blok Masela. Saat ini, perusahaan tengah melakukan pengumpulan data rona lingkungan yang terbagi menjadi dua musim untuk diproses Analisa Dampak Lingkungan atau ANDAL.

Act. Corporate Communication Manager INPEX Masela Moch N. Kurniawan menjelaskan survei ANDAL akan melihat dan mengolah dampak penting terhadp lingkungan. Dari dampak penting yang didapat, akan dibuat rencana pengelolaan lewat berbagai cara atau pendekatan, misalnya pendekatan teknologi, pendekatan sosial dan ekonomi.

Advertisement

"Termasuk di antaranya survei rona lingkungan di musim kemarau/dry season yang telah selesai 100% dan musim penghujan/wet season yang telah mencapai 60%, dalam rangka proses analisa dan pemodelan dampak lingkungan," ujar Iwan kepada Katadata.co.id, (22/8).

Inpex pun bakal menggenjot penyelesaian pengumpulan data rona lingkungan yang masih menyisakan 40% tersebut. Misalnya seperti pengambilan sampel air permukaan, pengukuran debit sungai, dan pengamatan mamalia laut.

Tahapan penting ke depan selanjutnya adalah menyelesaikan penyusunan dokumen Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL), Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL). Sesudahnya, tahapan akhir adalah penilaian dan persetujuan atas dokumen ANDAL, RKL & RPL oleh Komisi Penilai AMDAL Pusat.

Adapun Studi AMDAL awalnya direncanakan dapat rampung sesuai dengan jadwal rencana kerja yang telah disetujui oleh pemerintah dalam Rencana Pengembangan (POD) Lapangan Gas Abadi yakni pada tahun ini. Namun, dengan adanya situasi pandemi Covid-19, jadwal rencana kerja AMDAL dipertimbangkan untuk dilakukan kaji ulang dengan persetujuan pemerintah.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement