Opini

Resep Rahasia di Balik Para Pengusaha Sukses

Menjadi pengusaha secara otomatis menjadikan Anda seorang yang optimistik: Anda yakin usaha atau ide Anda akan menjadi besar.

Matthew Buckland

Entrepreneur dan Pendiri Burn Media Group (Ventureburn.com)

pengusaha
Ilustrator: Betaria Sarulina

Apakah saya seorang pengusaha? Itulah pertanyaan yang paling sering diajukan orang kepada saya. Ini pertanyaan tepat untuk mengawali kolom tulisan tentang kewirausahaan, modal ventura, dan usaha rintisan (startup) – sektor ekonomi yang sedang booming.

Walaupun ada tantangan ekonomi dan politik di Afrika Selatan, dunia start-up paralel dengan nuansa optimisme, inovasi, penciptaan lapangan kerja, kreativitas, dan peningkatan kekayaan.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Saat kita berada dalam keterpurukan, hal yang kontras terjadi di bisnis start-up di Afrika Selatan, yang terus menghadirkan berita positif mengenai adanya aliran dana masuk, start-up yang mendapatkan dana, dan para pengusaha yang meninggalkan bisnis mereka.

Menjadi pengusaha secara otomatis menjadikan Anda seorang yang optimistik: Anda yakin usaha atau ide Anda akan menjadi besar. Pengusaha, terutama pengusaha start-up, memiliki dosis optimisme yang sangat tinggi.

Selera, ukuran, usia, dan kepribadian beragam

Namun, para pendiri bisnis bukanlah rombongan orang yang setipe. Mereka memiliki beragam selera, ukuran, usia, latar belakang, dan kepribadian. Mereka bisa jadi seorang yang introvert, ekstrovert, konservatif ataupun flamboyan.

Pengusaha muda bisa membuang sikap kehati-hatian dan menggeluti bisnis start-up dengan segudang optimisme tanpa khawatir. Sedangkan pengusaha kawakan menggunakan tabungan modal, pengalaman, dan jaringan yang luas supaya usaha mereka maju.

Pengusaha kaya bisa meningkatkan modal, pengusaha yang kurang kaya menggantikan modal dengan hasrat dan kecerdikan.

Ada juga pengusaha korporasi, yang keluar dari tipologi pengusaha Silicon Valley. Beberapa dari mereka mengambil risiko untuk menciptakan bisnis skala besar dengan dukungan mesin korporasi dan modal di belakang mereka.

Tiga Jenis Pengusaha

Sebuah kerangka kerja untuk memahami tipe-tipe pengusaha diciptakan oleh Endeavor, organisasi yang berpusat di New York, yang terhubung dengan pendiri Linkedin, Reid Hoffman.

Endeavor adalah organisasi inkubator internasional yang menyeleksi, membimbing, dan mempercepat pembentukan pengusaha unggul di seluruh dunia. Organisasi ini memiliki cabang di Afrika Selatan yang sudah menghasilkan sejumlah pengusaha sukses melalui sistem pendidikan selama bertahun-tahun.

Endeavor mencirikan empat jenis pengusaha: roket, pengubah (transformer), berlian (diamond), dan bintang (star).

Pengusaha jenis roket adalah pemikir yang strategis yang tak kenal lelah berfokus pada efisiensi dan membuat segalanya lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik. Mereka kerap kali menjadi ‘minnovator’ yang menerapkan atau mengadaptasi model bisnis yang telah terbukti untuk mengisi celah pasar.

Bisnis mereka memiliki model pendapatan yang jelas dan siap untuk menghasilkan pertumbuhan eksponensial. Salah satu contohnya Jeff Bezos dari Amazon.

Pertanyaan kunci untuk pengusaha jenis ini: Dapatkah mereka atau usahanya berjalan dengan sempurna untuk mempertahankan pertumbuhan?

Pengusaha jenis transformer adalah pemimpin ambisius yang mengoperasikan bisnis yang mapan dalam industri tradisional yang ingin mencapai tingkat pertumbuhan berikutnya melalui inovasi dan diferensiasi.

Contohnya Adrian Gore dari Discovery, Koos Bekker dari Naspers (untuk strategi investasi inovatif yang visioner sebagai lawan inovasi organik) atau Ray Kroc dari McDonald's.

Beberapa dari mereka berorientasi sosial dan menggabungkan fokus keuntungan dengan keinginan untuk mengubah masyarakat dan menciptakan lapangan kerja.

Pertanyaan kunci untuk pengusaha jenis ini: Apakah ada diferensiasi yang nyata dan berkelanjutan untuk pertumbuhan bertenaga turbo?

Pengusaha jenis diamond adalah pemimpi besar yang memulai perusahaan inovatif dan disruptif, yang sering menciptakan cara baru dalam memecahkan masalah. Bisnis mereka memiliki lintasan pertumbuhan yang tidak dapat diprediksi, tetapi dapat menjadi pengubah permainan jika berhasil.

Pengusaha jenis ini yang sukses termasuk Mark Zuckerberg, Elon Musk dan Steve Jobs. Namun, mereka juga bisa gagal dengan cepat.

Pertanyaan untuk pengusaha jenis ini: Apakah start-up ini merupakan ide besar berikutnya?

Terakhir, pengusaha jenis star adalah pribadi besar dan karismatik yang memulai perusahaan bermerek, yang kerap kali berfokus pada konsumen dan bersifat kreatif. Lihatlah Richard Branson dan Virgin Group miliknya.

Bisnis mereka biasanya mengilhami loyalitas pelanggan yang mendalam melalui desain dan pengalaman pelanggan yang berbeda. Tantangan utama untuk pengusaha jenis ini adalah dapatkah perusahaan mereka menjadi merek dan skala usaha besar berikutnya di luar pendirinya?

Rahasia sukses

Dengan mengatakan bahwa seorang wirausahawan dapat menjadi hampir apa saja, kita berisiko tidak dapat menjelaskan rahasianya. Pasti ada beberapa kunci rahasia yang membuat pengusaha sukses.

Dalam semua keragamannya, ada kualitas kunci yang dimiliki semua wirausahawan. Pendiri Apple Steve Jobs menyebutnya ‘ketekunan murni’ yaitu ketekunan dalam menghadapi pasang surut, kegagalan dan tantangan dalam membangun sebuah perusahaan dari nol.

Banyak orang yang tidak berhasil karena mereka memilih untuk menyerah. Tetapi pengusaha yang sukses terus berusaha meski menghadapi kegagalan, kesalahan, dan komentar orang-orang yang berkata “tidak” kepada mereka atau mengatakan bahwa bisnis mereka “tidak akan berhasil”.

Para wirausahawan ini terus berusaha dan menyelesaikan masalah dengan tekad bulat sampai mereka mendapatkan apa yang diinginkan.

Pada kenyataannya, bisnis adalah rangkaian kesalahan dan kegagalan. 10 keberhasilan dari 1.000 kegagalan yang membuat Anda maju. Ini adalah rasio yang mengerikan dan ketika Anda berada di dalamnya, mungkin membuat Anda merasa tidak berhasil.

Namun, pengusaha yang gigih mengalami keberhasilan selama mereka terus berusaha.

(Tulisan ini dialihbahasakan dari situs Ventureburn.com dan sudah atas persetujuan penulisnya)

Opini dan Wawancara Terpopuler