Erick Thohir: Bangun Kekuatan Ekonomi Dulu, Baru Bicara Politik

Image title
Oleh Yanuar
27 Mei 2022, 20:35
Erick Thohir: Bangun Kekuatan Ekonomi Dulu, Baru Bicara Politik
Katadata/Desy Setyowati
Menteri BUMN Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir menilai terlalu banyak berbicara politik, tetapi mengabaikan ekonomi hanya akan menimbulkan keamburadulan.

Menteri BUMN Erick Thohir menilai, ekonomi merupakan kekuatan Indonesia di masa mendatang. Karena itu dia berharap, pembangunan ekonomi harus diutamakan di Indonesia.

Hal itu diungkap Erick Thohir ketika bertemu para mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat sebagaimana dibagikannya di akun instagram resmi @erickthohir, Kamis, 26 Mei 2022.

Erick menyampaikan gagasan tersebut dalam pertemuan bertajuk "Sharing Session with Erick Thohir" di Massaschusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat.

Ekonomi yang kuat, kata dia, akan menjadi jawaban terbaik untuk memerangi isu-isu politik identitas yang sering dijual sebagai dagangan menjelang pemilihan umum, seperti isu perbedaan isu kesenjangan.

Karena itu, menurut dia, hal paling utama saat ini berbicara tentang ekonomi sebelum berbicara tentang politik. Jangan sampai dibalik karena kalau dibalik maka yang akan lahir adalah kesenjangan dan perbedaan.

"Jangan bicara politik terus. Kita harus bicara ekonomi. Ekonomi menjadi kekuatan kita, baru bicara politik," kata Erick..

Menurut Erick Thohir, terlalu banyak berbicara politik, tetapi mengabaikan ekonomi hanya akan menimbulkan keamburadulan. Setelah itu muncul kesenjangan.

Masalah semakin rumit karena  kesenjangan dan perbedaan lalu menjadi dagangan politik. "Kalau ekonominya baik, isu-isu itu akan menurun," katanya.

Karena itu, salah satu cara mencegahnya dengan membangun ekonomi yang kuat terlebih dulu. Indonesia sangat beruntung karena prospek pertumbuhan ekonominya cukup stabil hingga 2045.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia secara konsisten sebesar 5%. Dengan begitu, pada 2045 Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar nomor empat di dunia.

"Itulah kenapa, saya sering datang ke kampus-kampus dan saya juga bicara ke milenial di BUMN. Ini yang saya tantang bahwa kita harus berani mentransformasi kultur kita, pemikiran kita. Dengan apa? yang namanya New Blood. Saya bertanggung jawab, membangun ekosistemnya," kata Menteri BUMN ini.

Puji Mahasiswa dari Indonesia Timur
Dalam kunjungan ke AS ini, Erick juga menyempatkan diri bertemu dengan sejumlah mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan tinggi dengan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Sebagian mahasiswa berasal dari Indonesia Timur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...