Proyek Gas PGN Berpotensi Tekan 5 Juta Ton Emisi Karbon

Image title
Oleh Grace Gandhi
13 Juni 2022, 20:46
Proyek Gas PGN Berpotensi Tekan 5 Juta Ton Emisi Karbon
Pertamina

Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk., berkomitmen melakukan penguatan pasokan gas dan perluasan infrastruktur gas bumi sebagai energi transisi yang berkelanjutan.

Komitmen tersebut juga mengutamakan pembangunan rendah emisi untuk mendukung program pemerintah mencapai netral karbon pada

PGN berencana mengakselerasi proses transisi bahan bakar minyak fosil (fossil fuel) ke energi bersih gas bumi melalui beberapa proyek unggulan. Pertama, program regasifikasi pembangkit-pembangkit listrik yang ada di sebagian besar timur Indonesia.

Berdasarkan Kepmen ESDM No. 2 Tahun 2022, regasifikasi pembangkit listrik akan dilakukan di 33 lokasi. Total kapasitas pembangkit 1,198 MW dan menggunakan gas bumi 83,74 BBTUD.

Menurut Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Azis, melalui proyek regasifikasi, yaitu mengonversi penggunaan fuel dan batu bara dengan gas bumi pada penggunaan listrik,

PGN optimistis bisa mencapai zero net emission. Apabila regasifikasi ini bisa dilakukan secara penuh, akan menekan emisi 650.000 ton CO² tiap tahunnya.

“Jika digabung dengan proyek refinary dan Jargas, total pemanfaatan gasnya bisa menekan emisi sekitar 5 juta ton CO² tiap tahunnya,” kata Faris melalui siaran pers, Jumat, 10 Juni 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...