Umkm Perkuat Ekonomi Indonesia

Pemerintah dan swasta mendukung UMKM sebagai aktor penting dalam perekonomian Indonesia.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Publikasi Katadata
30 September 2021, 19:39

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah aktor penting dalam perekonomian di Indonesia. Jumlahnya terus bertambah tiap tahunnya. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, pada 2015, UMKM Tanah Air berjumlah 59,3 juta unit dan pada 2019 meningkat hingga 65,5 juta unit.

Pada 2019, UMKM mampu menyerap tenaga kerja hingga 96,9 persen, berkontribusi 60,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), dan memiliki total investasi sebesar 60 persen. Untuk terus mendukung perkembangannya, seluruh pihak seperti pemerintah dan swasta turut berkontribusi memudahkan proses bisnis pelaku UMKM, khususnya di masa pandemi.

Dalam webinar yang bertajuk “Menumbuhkan Ekonomi Kreatif untuk UMKM Indonesia” yang digelar Katadata X Danone Aqua Indonesia pada Kamis (12/8), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kemenkop UKM menyebutkan akan saling berkolaborasi dan menyalurkan bantuan dana untuk kelangsungan UMKM selama pandemi. Selain itu, Danone-AQUA selaku pihak swasta turut memberdayakan masyarakat, di antaranya perempuan, melalui program AQUA Home Service (AHS).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.