Perusahaan FMCG Pertama Bersertifikat Bcorp

Danone-AQUA perusahaan FMCG pertama yang menerapkan bisnis berkelanjutan sesuai standar Bcorp.
Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Publikasi Katadata
21 Oktober 2021, 09:57

Danone-AQUA menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pertama yang bersertifikasi Bcorp pada 2018.  Dengan demikian, Danone-AQUA menerapkan praktik bisnis berkelanjutan di setiap rantai operasional sesuai standar BCorp.

Danone-AQUA pun telah melakukan berbagai inisiatif program berkelanjutan. Salah satunya mengembangkan AQUA Home Service (AHS). Program AHS kini memiliki 8.000 anggota dengan 33 persen di antaranya merupakan keluarga berpendapatan rendah.

Danone-AQUA juga menjadi pionir dalam membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada 2017. Sampai 2021, sudah ada empat PLTS dengan kapasitas 6.179 kwp yang digunakan untuk proses produksi.

Selain itu, Danone-AQUA mengembangkan model bisnis sirkular dengan 70 persen model bisnis guna ulang. Program ini berinovasi dengan menggunakan produk 100 persen bisa didaur ulang dan berbahan daur ulang.

Perusahaan bersertifikasi BCorp tersebut juga membangun sarana air bersih dan inovasi water credit. Penerima manfaatnya mencapai 363 ribu orang. Ditambah, terdapat 20 program keanekaragaman hayati yang dikembangkan di sekitar wilayah operasional.

Danone-AQUA juga menjaga kesejahteraan karyawan dengan memberikan cuti hamil enam bulan kepada karyawan perempuan dan 10 hari cuti bagi karyawan laki-laki ketika istrinya melahirkan.

Menurut Executive Director B Lab Asia Tenggara, Tom Steward, tren bisnis berkelanjutan kini tengah menjadi fokus banyak perusahaan. “Melalui B Corp, perusahaan tergabung dalam gerakan global untuk menyelesaikan isu sosial dan lingkungan dengan menerapkan praktik bisnis berkelanjutan.”

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.