Cerita Kabupaten Tegal Tekan Angka Kemiskinan Lewat Kolaborasi

Pingit Aria
28 November 2019, 19:36
Bupati Tegal Umi Azizah memanen anggur merah yang dibudidayakan di lahan sempit di Desa Mangunsaren, Kecamatan Tarub.
TWITTER @PemkabTegal
Bupati Tegal Umi Azizah memanen anggur merah yang dibudidayakan di lahan sempit di Desa Mangunsaren, Kecamatan Tarub.

Dengan metode pengukuran Indeks Kelola, Katadata Insight Center (KIC) berhasil menjaring 64 kabupaten dan kota di Indonesia yang berprestasi dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Salah satunya adalah Kabupaten Tegal.

Kabupaten Tegal dinilai berhasil mengelola anggaran hingga berdampak signifikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah tersebut mampu menurunkan angka kemiskinan dari 9,9% pada 2017 menjadi 7,9% pada 2018.

Advertisement

Penghargaan Indeks Kelola 2019 dari KIC dilaksanakan di Jakarta Theatre XXI Jakarta Pusat, Kamis malam (28/11). “Daerah-daerah tersebut memang melakukan banyak inovasi dan layak mendapatkan apresiasi,” kata Heri Susanto, Chief Content Officer Katadata.

Hadir dalam acara itu Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Syarifuddin, dan beberapa pemimpin daerah seperti Wali Kota Sangihe Jabes Ezar Gaghana. Selain itu, ada Wali Kota Sibolga, M Sarfi Hutauruk, Bupati Tegal Umi Azizah, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, dan VP Comercial PT Airy Ika Paramita.

(Baca: Indeks Kelola Katadata Kukuhkan 64 Pemda Pengelola APBD Terbaik)

Dalam penyusunannya, Indeks Kelola mengukur efektivitas dan optimalisasi pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk pembangunan daerah. KIC dibantu oleh panel ahli dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Mereka adalah Elan Satriawan, Rimawan Pradiptyo, dan Gumilang Aryo Sahadewo.

"Diharapkan keberadaan indeks ini akan mendorong pemerintah daerah untuk selalu berupaya mengoptimalkan alokasi anggarannya dan fokus pada pencapaian hasil pembangunan," kata Rimawan.

Kolaborasi Pengentasan Kemiskinan Kabupaten Tegal

Kabupaten Tegal memiliki luas wilayah 876,10 kilometer persegi. Pusat administrasinya dulu berada di Kota Tegal yang terletak di sudut barat laut kabupaten ini. Kemudian, Kota Tegal secara administratif terpisah dari kabupaten dan membentuk wilayah sendiri bernama Kota Slawi.

Perekonomian Tegal ditopang oleh sektor industri pengolahan, dengan kontribusinya terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) sebesar 33,5%. Selanjutnya sektor perdagangan (jasa) dengan kontribusi sebesar 15,5%.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement