Sukses Perempuan Tanah Jahanam, Horor Mistis Joko Anwar

Pingit Aria
18 Oktober 2019, 18:47
Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar
IG @tanahjahanam
Suasana konferensi pers film Perempuan Tanah Jahanam yang disutradarai oleh Joko Anwar, Kamis (10/10). Film ini disebut sebagai film horor kedua Joko Anwar yang sukses besar menyusul film Pengabdi Setan.

Film horor Perempuan Tanah Jahanam diputar di bioskop pada Kamis (17/10) kemarin. Pada penayangan hari pertamanya, film karya Joko Anwar ini mendapat 117.001 penonton.

Sambutan antusias penonton itu membuat pengelola bioskop langsung menambah jatah layar film ini. “Penonton opening day Perempuan Tanah Jahanam melebihi target kami dan lebih tinggi dari film horor saya sebelumnya, Pengabdi Setan,” kata Joko Anwar dalam Twitternya, Jumat (18/10).

Sebelumnya, Pengabdi Setan merupakan salah satu film terlaris di Indonesia dengan total penonton 4,2 juta. Saat tayang perdana pada 2017, film ini mendapat 91 ribu penonton. Berikut tabelnya:

Perempuan Tanah Jahanam berkisah tentang Maya (Tara Basro) dan Dini (Marissa Anita) yang berjuang untuk bertahan hidup di kota. Mulai dari bekerja sebagai penjaga pintu tol hingga penjual pakaian, kesialan terus mengikuti mereka.

Hingga suatu ketika, Maya mendapat informasi bahwa ada kemungkinan dia mempunyai harta warisan keluarga di kampung halamannya. Berbekal informasi itu, Maya bersama Dini menuju Desa Harjosari, tempat keluarganya tinggal dahulu.

Sesampainya di kampung, Maya dan Dini menemukan rumah besar yang kosong dengan lingkungan yang janggal. Banyak kuburan anak-anak di sekelilingnya.

Suatu malam, Maya mendengar jerit perempuan yang hendak melahirkan. Maya menuju asal suara dan menyaksikan proses kelahiran anak tersebut. Dari situlah, sedikit demi sedikit, misteri kampung dan asal-usul Maya terungkap.

Berbeda dengan film horor lain, Perempuan Tanah Jahanam tak akan menakuti penonton dengan hantu kuntilanak, pocong atau genderuwo. Sebab, ada sosok yang lebih seram: manusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...