Olahraga yang Disarankan Saat Puasa di Tengah Pandemi

Olahraga terlalu keras saat berpuasa justru dapat menurunkan imunitas.
Pingit Aria
Oleh Pingit Aria
25 April 2020, 13:28
Instruktur zumba memimpin latihan secara daring di sebuah tempat kebugaran di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/4/2020). Kelas Zumba daring tersebut diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat untuk berolahraga di rumah masing-masing guna mencegah penyebaran
ANTARA FOTO/Zabur karuru/wsj.
Instruktur zumba memimpin latihan secara daring di sebuah tempat kebugaran di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/4/2020). Kelas Zumba daring tersebut diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat untuk berolahraga di rumah masing-masing guna mencegah penyebaran VIrus Corona (COVID-19).

Berpuasa di tengah pandemi virus corona baru atau Covid-19 membuat kita harus ekstra memperhatikan dan menjaga kebugaran tubuh agar imunitas tetap terjaga.

Salah satu cara menjaga imunitas tubuh adalah dengan senantiasa aktif bergerak dan berolahraga. Tapi olahraga apa yang disarankan saat puasa di tengah pandemi?

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Raspati ​​​​​menyarankan olahraga yang berintensitas rendah hingga sedang dengan durasi pendek. "Penelitian memang menunjukan bahwa olahraga dengan intensitas tinggi dan durasi yang panjang dapat menurunkan imunitas," kata dr Andhika, Sabtu (25/4).

(Baca: Cara Unik Berlari sambil Donasi di Tengah Pandemi Melalui #BagiAsa)

Disarankan, olahraga dilakukan selama 30-45 menit. "Pilihan olahraga cardio, bisa sepeda, jalan cepat, jogging santai, senam zumba, dan sebagainya. Tergantung keterlatihan dan kebiasaan orangnya," kata dia.

Senada dengan dr Andhika, dokter Spesialis Gizi Klinik dr Samuel Oetoro, Sp.GK menyarankan agar kita senantiasa tetap berolahraga meski sedang puasa di tengah pandemi. Ia menyarankan olahraga ringan sekitar 30 menit jelang berbuka puasa agar tubuh segar.

"Olahraga cukup paling lama 30 menitan, jenisnya yang ringan, jangan berlebihan karena kalau olahraga intensitas tinggi justru akan menurunkan daya tahan tubuh," kata dia.

Reporter: Antara
Editor: Pingit Aria

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait