Satgas Siapkan Model Baru Masker 5 Lapis, Bisa Saring 88% Virus Corona

Pingit Aria
10 September 2020, 00:07
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto.

Virus corona telah menginveksi lebih dari 200 ribu orang di Indonesia, lebih dari 8.000 di antaranya meninggal dunia. Penggunaan masker diyakini menjadi salah satu cara yang paling ampuh dalam mencegah penularan Covid-19.

Juru bicara Satgas Nasional Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan masker dengan teknologi baru yang lebih efektif mencegah masuknya virus corona ke tubuh manusia. Masker berbahan kain lima lapis tersebut diproduksi di Indonesia dan sudah diuji coba di Jerman.

Masker tersebut mempunyai kemampuan filtrasi setara masker bedah. Proses penyaringan virus oleh masker ini mencapai 88% dan penyaringan bakteri 99%. Sebagai perbandingan, masker bedah bisa menyaring 80-90% virus dan 95-98% bakteri.

Menurut Wiku, meski menggunakan lima lapisan, pengguna masker ini akan tetap nyaman bernafas. “Masker ini berbahan baku utama polyester dengan teknologi antibakteri pada setiap benang,” katanya dalam webinar Teknologi Baru Masker Melawan Covid-19 yang diselenggarakan Katadata, Rabu (9/9).

Rencananya, Satgas akan membagikan masker lima lapis ini kepada masyarakat. “Diharapkan, pembuatan masker lima lapis ini juga bisa menggerakkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) agar bisa membuat hal yang sama,” ujarnya.

Masker Kain Baru
Masker Kain Baru (Katadata)

 

Sementara itu, Inisiator dan Ketua Umum Gerakan Pakai Masker Sigit Pramono mengatakan, masker merupakan salah satu senjata untuk melawan Covid-19 selama vaksin belum berhasil dibuat. Namun, bukan tugas yang mudah untuk mengedukasi masyarakat untuk mau memakai masker.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...