Pemerintah Siapkan 426 Juta Dosis Vaksin Corona bagi 181 Juta Penduduk

Pingit Aria
29 Desember 2020, 17:07
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) didampingi Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar (kiri) menyaksikan proses simulasi vaksinasi COVID-19 di RS Islam, Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilakukan se
ANTARA FOTO/Moch Asim/rwa.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) didampingi Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar (kiri) menyaksikan proses simulasi vaksinasi COVID-19 di RS Islam, Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilakukan sebagai langkah dalam memetakan protokol pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terkait penerapan standar prosedur operasional (SOP), penyiapan SDM serta alat penyimpanan vaksin.

Pemerintah menyiapkan 426 juta vaksin Covid-19 untuk sekitar 181 juta orang penduduk Indonesia. Target tersebut diperlukan untuk menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, dari 269 juta warga Indonesia, sebanyak 188 juta orang berusia di atas 18 tahun. Namun, untuk vaksinasi, pemerintah harus mengeluarkan kelompok komorbid berat, mereka yang pernah Covid-19 dan ibu hamil.

“Jadi target vaksinasi adalah 181 juta rakyat," ujarnya dalam keterangan resmi dari Istana Kepresidenan, Selasa (29/12).

Sementara, setiap orang membutuhkan suntikan 2 dosis vaksin. Selain itu, sesuai panduan WHO, pemerintah menyiapkan 15% dosis cadangan, maka total vaksin yang diperlukan sekitar 426 juta dosis.

Berikut adalah Databoks sebaran tenaga kesehatan yang akan menjadi prioritas vaksinasi Covid-19:

Menurut Budi, jumlah tersebut sangat besar. Pemerintah berusaha keras memastikan agar mendapat dosis vaksin yang mencukupi.

Terdapat lima jalur pengadaan vaksin yang sudah dikerjakan pemerintah, yaitu empat jalur bilateral dan satu jalur multilateral.

Dari empat jalur bilateral itu, pemerintsh sudah meneken kontrak dengan Sinovac untuk 125 juta vaksin dan punya opsi penambahan "Kita juga sudah tanda tangan dengan Novavax untuk 100 juta dosis dan ada porsi yang pasti kita ambil dan ada porsi opsi," kata Budi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...