Brasil Catat Angka Kematian Tertinggi Akibat Covid-19

Brasil telah melampaui India sebagai negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak kedua di dunia.
Pingit Aria
13 Maret 2021, 12:00
Penggali kubur memakai pakaian pelindung di sebuah pemakaman di Rio de Janeiro, Brazil, Jumat (8/5/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Pilar Olivares/wsj/cf
Penggali kubur memakai pakaian pelindung di sebuah pemakaman di Rio de Janeiro, Brazil, Jumat (8/5/2020).

Brasil melaporkan 2.216 kematian akibat Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Ini merupakan hari ketiga berturut-turut kematian melebihi 2.000 per hari, rekor terburuk sejak pandemi setahun terakhir.

Kementerian Kesehatan Brasil juga melaporkan 85.663 kasus penularan virus corona, angka tertinggi kedua dalam satu hari. Brasil sekarang telah mencatatkan 11.363.380 kasus secara keseluruhan, melampaui India sebagai negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak kedua di dunia.

Kendati demikian, Presiden Jair Bolsonaro terus meremehkan ancaman yang ditimbulkan oleh virus corona. Awal pekan ini, ia meminta masyarakat untuk “berhenti merengek”.

"Berapa lama kalian akan terus meratapi hal ini? Berapa lama lagi kalian akan tetap di rumah, dan menutup segalanya? Tidak ada yang tahan. Kami menyesali kasus kematian itu, sekali lagi, tapi kita butuh solusi," ujarnya dalam sebuah acara, dikutip BBC.

Advertisement
HEALTH-CORONAVIRUS/BRAZIL-AMAZON
HEALTH-CORONAVIRUS/BRAZIL-AMAZON (ANTARA FOTO/REUTERS/Bruno Kelly/rwa/cf)

 

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan keadaan pandemi Covid-19 di Brasil sangat memprihatinkan. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Jumat (13/3) mengatakan bahwa setiap orang di Brasil harus menanggapi situasi ini dengan serius.

"Kecuali jika tindakan serius diambil, tren peningkatan yang sekarang membanjiri sistem kesehatan dan menjadi lebih dari kapasitasnya akan mengakibatkan lebih banyak kematian," katanya pada konferensi pers di Jenewa.

Sementara itu, vaksinasi Covid-19 di Brasil juga terus berjalan. Sejauh ini, lebih dari 8 juta warga Brasil telah divaksin, jumlah itu setara dengan 3,83% dari total penduduk Brasil. Bagaimanapun, kunci utama untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan Gerakan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait