Kasus Covid-19 Naik Setelah Lebaran, Paling Banyak di Jawa

Rizky Alika
29 Mei 2021, 08:11
Sejumlah warga mendapatkan vaksinasi di dalam bus Trans Metro Pekanbaru untuk vaksinasi COVID-19 di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (28/5/2021). Pemerintah Kota Pekanbaru mengubah lima bus trans metro menjadi layanan vaksinasi keliling untuk menjemput bola ke
ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc.
Sejumlah warga mendapatkan vaksinasi di dalam bus Trans Metro Pekanbaru untuk vaksinasi COVID-19 di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (28/5/2021). Pemerintah Kota Pekanbaru mengubah lima bus trans metro menjadi layanan vaksinasi keliling untuk menjemput bola ke masyarakat guna meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19.

Satgas Covid-19 melihat tren kenaikan kasus Covid-19 setelah masa libur lebaran. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Pulau Jawa menjadi kontributor terbesar penambahan kasus positif Covid-19.

"Data jelas menunjukan pulau Jawa jadi kontributor terbesar penambahan kasus positif Covid-19 di tingkat nasional," kata Wiku dalam konferensi pers virtual di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (28/5).

Advertisement

Menurutnya, peningkatan kasus Covid-19 terjadi pada 6 hari terakhir. Hal ini tercermin dari peningkatan kebutuhan ruang isolasi baik di tingkat nasional dan provinsi.

Data Satgas pada 26 Mei menunjukkan, tingkat keterpakaian tempat tidur ruang isolasi Covid-19 di seluruh Indonesia meningkat 14,2% dibandingkan 20 Mei. Dengan demikian, jumlah keterpakaian tempat tidur ruang isolasi di rumah sakit rujukan virus corona meningkat dari 20.560 menjadi 23.488 tempat tidur.

Simak Databoks berikut: 

Kenaikan okupansi tempat tidur ruang isolasi terjadi di DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, dan Yogyakarta. Di Jakarta, keterisian tempat tidur ruang isolasi naik 23,7% dari 3.108 kasur pada 20 Mei menjadi 3.846 kasur pada 26 Mei.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement