Amerika Serikat Longgarkan Izin Perjalanan ke 61 Negara

Cahya Puteri Abdi Rabbi
10 Juni 2021, 18:08
Gaelen Morse Sejumlah anak memakai masker sementara orang dewasa tidak memakainya di Real Ice Cream Johnson saat pembatasan akibat wabah penyakit virus corona (COVID-19) dicabut di seluruh negara bagian, di Columbus, Ohio, Amerika Serikat, Kamis (3/6/202
ANTARA FOTO/REUTERS/Gaelen Morse/HP/dj
Gaelen Morse Sejumlah anak memakai masker sementara orang dewasa tidak memakainya di Real Ice Cream Johnson saat pembatasan akibat wabah penyakit virus corona (COVID-19) dicabut di seluruh negara bagian, di Columbus, Ohio, Amerika Serikat, Kamis (3/6/2021).

Tingginya angka vaksinasi Covid-19 di Amerika Serikat membuat Presiden Joe Biden cukup percaya diri untuk melonggarkan izin perjalanan internasional bagi warganya. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat melonggarkan rekomendasi perjalanan ke berbagai negara, termasuk Jepang yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade.

Dalam peringkat baru CDC pada hari Senin (7/6), peringkat rekomendasi perjalanan saat Covid-19 untuk 61 negara diturunkan dari ‘Level 4’, yakni level bahaya tertinggi. Pada level ini, tidak menyarankan semua perjalanan untuk individu yang sudah divaksinasi penuh.

Selain itu, “Ada tambahan 50 negara dan wilayah telah diturunkan ke ‘Level 2’ atau ‘Level 1’,” kata juru bicara CDC, dikutip dari Reuters pada Kamis (10/6).

Negara-negara dengan peringkat terendah untuk risiko Covid-19 saat ini termasuk Singapura, Israel, Korea Selatan, Islandia, Belize, dan Albania. Sementara itu, negara-negara yang terdaftar di ‘Level 3’, di antaranya Prancis, Ekuador, Filipina, Afrika Selatan, Kanada, Meksiko, Rusia, Spanyol, Swiss, Turki, Ukraina, Honduras, Hongaria, dan Italia.

Departemen Luar Negeri AS mengadopsi metodologi baru menjadi dasar pelonggaran status risiko. Suatu negara akan dilabeli status 'level 4' alias jangan bepergian jika ada 500 kasus per 100.000 orang.

Namun tidak semua negara mengalami revisi peringkat risiko perjalanan karena ketersediaan penerbangan komersial, pembatasan masuknya warga negara AS, dan hambatan untuk mendapatkan hasil tes Covid-19 dalam waktu tiga hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...