Vaksin Novavax Buatan AS Klaim 93% Efektif Cegah Covid-19

Cahya Puteri Abdi Rabbi
16 Juni 2021, 16:23
Sejumlah warga mengikuti vaksinasi massal di Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (9/6/2021). Sebanyak 10.000 masyarakat umum, lansia, pralansia dan pelayan publik mengikuti vaksinasi massal sebagai upaya penanggulangan penyebaran CO
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Sejumlah warga mengikuti vaksinasi massal di Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (9/6/2021). Sebanyak 10.000 masyarakat umum, lansia, pralansia dan pelayan publik mengikuti vaksinasi massal sebagai upaya penanggulangan penyebaran COVID-19.

Perusahaan bioteknologi Novavax Inc mengklaim vaksin buatannya 93% efektif menangkal penularan virus corona. Klaim tersebut disampaikan pada Senin (14/6) setelah melakukan uji klinis besar-besaran di Amerika Serikat dan Meksiko.

Uji klinis yang melibatkan 30 ribu relawan tersebut mendorong Novavax  untuk mengajukan izin penggunaan darurat di Amerika Serikat dan di beberapa negara lain pada kuartal ketiga 2021 nanti.

Dilansir Reuters, Vaksin dari Novavax ini merupakan tipe vaksin berbasis protein. Pengembangan vaksin ini menggunakan pendekatan konvensional dengan virus yang dilemahkan untuk memacu respons kekebalan tubuh.

Novavax menuturkan, vaksinnya yang berbasis protein itu efektif melawan varian virus corona asal Wuhan, juga varian baru seperti Alpha yang pertama kali terdeteksi di Inggris, juga varian lainnya yang teridentifikasi di Brasil, Afrika Selatan, dan India.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...