Galaxy Fold, Generasi Baru Ponsel Samsung yang Ludes dalam 31 Menit

Samsung Galaxy Fold dibekali dengan enam kamera dan dua baterai.
Pingit Aria
17 Desember 2019, 18:06
Samsung Galaxy Fold
Samsung
Samsung Galaxy Fold

Samsung kembali meluncurkan ponsel model terbaru. Android yang diberi nama Samsung Galaxy Fold tersebut diluncurkan di Indonesia pada Jumat (13/12) lalu.

Ponsel yang lipatannya dapat dibuka hingga menyerupai tablet tersebut pun mendapat respons positif dari konsumen di Indonesia. Dengan harga Rp 30.880.000, Samsung Galaxy Fold terjual habis dalam 31 menit sejak kanal preorder dibuka.

Kenapa ponsel ini begitu diminati? Berikut ulasannya:

1. Pertama dan termahal

Advertisement

Samsung Galaxy Fold adalah ponsel lipat pertama yang diluncurkan di Indonesia. Ponsel ini juga merupakan ponsel termahal Samsung.

Samsung melengkapi ponsel ini dengan Galaxy Buds dan cover untuk Galaxy Fold. Konsumen juga akan mendapatkan dukungan layanan premium seperti 24 jam dan garansi layar selama 1 tahun dengan pembayaran klaim Rp 2 juta.

2. Ponsel dapat berubah menjadi tablet

Galaxy Fold hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang membutuhkan layar besar untuk beragam penggunaan, namun tetap menginginkan kepraktisan. Ketimbang tablet yang punya layar besar, Galaxy Fold bisa dilipat. “Galaxy Fold lebih fleksibel karena bisa dikantongi," kata Product Marketing Manager Samsung Mobile SEIN, Taufiq Furqan.

3. Material polymide, bukan kaca

Yang membuat Galaxy Fold dapat dilipat adalah layar bagian dalamnya (saat dibentangkan) yang terbuat dari polymide berukuran 7,3 inci, bukan kaca. Sementara, bagian display bagian depan memiliki ukuran 4,6 inci jenis Super AMOLED.

Kemudian, Samsung membekali Galaxy Fold dengan teknologi antarmuka One UI yang didesain khusus untuk smartphone layar lipat.

Teknologi ini memiliki fitur app continuity. Di mana, ketika pengguna membuka aplikasi dari layar kecil di bagian depan, lalu membuka lipatannya, maka tampilan layarnya akan langsung menyesuaikan (7,3 inci). "Dengan begitu, pengguna tidak perlu menutup aplikasi terlebih dahulu," kata Taufiq.

4. Enam kamera dan dua baterai

Samsung membenamkan enam unit kamera di Galaxy Fold. Rinciannya, layar depan atau cover memiliki sebuah kamera (10MP, f2.2), di bodi belakang ada tiga kamera (12MP wide), 12MP telephoto, dan 16MP ultrawide, dan dua kamera selfie di bagian lipatan (10MP dan 8MP).

(Baca: Video: Ponsel Tiongkok Ancam Dominasi Samsung dan Apple)

Kamera perangkat ini memiliki view finder yang besar. Sementara kamera depan memiliki kemampuan foto bokeh dengan bantuan software. Untuk kamera selfie bagian dalam sudah dibekali kemampuan bokeh by hardware.

5. Performa dan keamanan

Galaxy Fold menggunakan chipset Snapdragon 855, RAM 12GB, dan memori internal 512GB. Hanya, perangkat ini tidak memiliki slot microSD.

Untuk sistem keamanan, perangkat ini dibekali fingerprint scanner di sisi samping, bukan di bagian layar. Galaxy Fold juga dibekali dengan face recognition yang bisa dibuka dengan kamera depan dan kamera dalam.

Samsung juga menjamin perangkat ini tahan hingga lima tahun penggunaan dengan asumsi layar 100 kali dibuka dalam sehari. Total pengujian yang dilakukan adalah buka tutup layar hingga 200 ribu kali.

Reporter: Pingit Aria, Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait