XL dan Indosat Antisipasi Kenaikan Trafik Data Ramadan dan Lebaran

Di masa mudik, akses ke layanan peta digital, seperti Waze dan Google Map juga diprediksi naik.
Cindy Mutia Annur
27 April 2019, 06:00
Indosat
Arief Kamaludin|KATADATA
Indosat

XL Axiata dan Indosat Ooredo mengantisipasi kenaikan trafik data menjelang Ramadan dan Lebaran 2019. Masyarakat akan lebih banyak mengirim ucapan selamat melalui internet ketimbang telepon.

Direktur Teknologi PT XL Axiata Tbk, Yessie D. Yosetya memproyeksikan, trafik layanan data selama Ramadan hingga Lebaran tahun ini akan naik hingga 30% dibandingkan hari-hari biasa. Ia melanjutkan, layanan streaming video diperkirakan naik hingga 64%.

"Ada kemungkinan, layanan Voice over Internet Protocol (VoIP) akan banyak dipakai untuk menggantikan layanan voice atau telepon, dan instant messaging menjadi pengganti SMS untuk berkirim pesan atau ucapan," ujar Yessie kepada Katadata, Jumat (26/4).

Selain itu, di masa mudik dan liburan panjang Lebaran, akses ke layanan peta atau rute digital jalan, seperti Waze dan Google Map juga diprediksi mengalami peningkatan.

Advertisement

(Baca: Trafik Layanan Data Diproyeksi Naik hingga 15,8 % Saat Pemilu)

Yessie mengatakan, perusahaannya telah memastikan sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Di antaranya, di sepanjang Pulau Jawa (100%),  jalan tol di luar Jawa (85%),  jalan raya non-tol pantai Utara Jawa dari Jakarta -Surabaya (95%), dan jalur non-tol Pantai Selatan (90%), Sumatera (94%), dan Kalimantan (66%).

Sementara itu, Chief Technology Officer PT Indosat Tbk (Indosat Ooredo) Dejan Kastelic memproyeksikan, puncak trafik layanan data perusahaannya meningkat sebesar 15 - 20%. Ia melanjutkan, Indosat telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 Terabyte per hari.

Ia menambahkan, perusahaannya juga mempersiapkan kapasitas jaringan telekomunikasinya dengan penggelaran infrastruktur jaringan 4G Plus.“Penambahan sumber daya tersebut untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami antisipasi di momen penting tersebut,” ujar Dejan melalui siaran persKamis (25/4).

(Baca: Mampu Jual 59 Juta Unit, Pendapatan Huawei Meroket 39%)

Sementara, Indosat telah menyiapkan kapasitas layanan SMS hingga 975 juta SMS per hari,dan kapasitas layanan suara hingga 37 juta Erlang per hari. Menurut Dejan, kedua persiapan kapasitas trafik suara dan SMS tersebut juga sudah diperhitungkan untuk prediksi peningkatkan trafik yang mungkin terjadi.

Indosat juga melakukan kegiatan uji jaringan di lima kota tujuan mudik utama di seluruh Indonesia, seperti Solo-Jawa Tengah, Malang-Jawa Timur, Padang-Sumatera Barat, Banjarmasin-Kalimantan Selatan dan Makassar-Sulawesi Selatan pada 25 April 2019.

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait