Korea Selatan Jadi Negara Pertama yang Luncurkan Jaringan 5G

Cindy Mutia Annur
4 April 2019, 15:14
inovasi digital
123rf.com

Korea Selatan menjadi negara pertama yang meluncurkan jaringan 5G secara komersial. Ada tiga operator telekomunikasi yang meluncurkan layanan 5G di Negeri Ginseng, yakni KT, SK Telecom, dan LG UPlus. 

Reuters menyebut, ketiga operator telekomunikasi tersebut mendahului negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Tiongkok dan Jepang dalam berkompetisi di jaringan 5G. 

"Sangat penting bahwa perusahaan telekomunikasi Korea Selatan telah menyediakan layanan dan jaringan yang memenuhi standar tinggi pelanggan dalam hal kecepatan dan kualitas gambar," ujar Vice President SK Telecom, Ryu Young-sang, Kamis (4/4).

Lebih lanjut Ryu mengatakan, teknologi ini dapat mengubah industri gim karena akan semakin memudahkan pengguna untuk bermain lewat smartphone dengan kecepatan maksimal. 

(Baca: Jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo Jangkau 80% Populasi Indonesia)

Ryu pun optimis, operatornya dapat menggaet satu juta pelanggan 5G pada akhir 2019. Saat ini, tercatat SK Telecom telah memiliki 27 juta pelanggan. 

Adapun, teknologi 5G ini menawarkan koneksi internet 20 kali lebih cepat dibandingkan 4G (LTE). Bahkan, teknologi ini juga disebut bisa menawarkan koneksi yang lebih cepat 100 kali lipat.

Sementara operator rivalnya, KT, sudah menyiapkan berbagai penawaran untuk mengajak pelanggannya migrasi ke 5G. Misalnya, dengan harga paket data unlimited yang lebih murah dari 4G dan juga penawaran cicilan 4 tahun untuk membeli smartphone 5G.

(Baca: Perkuat Layanan 5G, Telkomsel Gandeng Cisco dan Huawei)

Adapun, peluncuran jaringan generasi kelima di Korea Selatan ini akan dilaksanakan Jumat (5/4) esok, juga diikuti dengan diluncurkannya smartphone 5G dari Samsung Galaxy S10.

Sementara itu, perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat, Verizon, juga dilaporkan akan meluncurkan layanan 5G di negaranya pada 11 April mendatang.

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait