Setahun Tertekan Pandemi, Keyakinan Konsumen Kembali ke Level Optimis

Agatha Olivia Victoria
10 Mei 2021, 14:03
Warga memilih pakaian saat berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (9/5/2021). Sejumlah pusat perbelanjaan memberikan potongan harga berupa diskon 30 hingga 70 persen guna menarik minat pembeli jelang Hari Raya Idul F
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Warga memilih pakaian saat berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (9/5/2021). Sejumlah pusat perbelanjaan memberikan potongan harga berupa diskon 30 hingga 70 persen guna menarik minat pembeli jelang Hari Raya Idul Fitri.

Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan keyakinan konsumen kembali memasuki zona optimis, setelah satu tahun terakhir berada pada zona pesimis. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2021 sebesar 101,5, meningkat dibandingkan 93,4 pada bulan sebelumnya.

IKK mengalami kenaikan pada seluruh kelompok tingkat pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp 2,1-3 juta per bulan. Dari sisi usia, kenaikan IKK terjadi pada seluruh kelompok usia, terutama pada responden berusia di atas 60 tahun. Ditinjau secara spasial, keyakinan konsumen pada April 2021 terpantau meningkat di seluruh kota yang disurvei yaitu 18 kota, dengan kenaikan tertinggi terjadi di Kota Padang, Bandung, dan Pangkal Pinang.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, perkembangan IKK bulan lalu ditopang oleh meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan. "Ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) April 2021 yang tercatat sebesar 122,6, meningkat dibandingkan 114,1 pada bulan sebelumnya," kata Erwin dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (10/5).

Peningkatan IEK terjadi karena ekspektasi konsumen terhadap adanya ekspansi kegiatan usaha, kenaikan penghasilan, dan ketersediaan lapangan kerja yang lebih banyak pada enam bulan ke depan terpantau menguat. Secara spasial, IEK April 2021 meningkat di 16 kota dengan kenaikan tertinggi di Bandung, diikuti Palembang, dan Pangkal Pinang

Pada April 2021, konsumen memperkirakan ekspansi kegiatan usaha secara umum pada enam bulan yang akan datang meningkat, terindikasi Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha April 2021 tercatat sebesar 123,2, lebih tinggi dari 111 pada bulan sebelumnya. Indeks mengalami peningkatan pada seluruh kategori tingkat pengeluaran dan seluruh kelompok usia.

Responden juga memprediksikan ketersediaan lapangan kerja pada enam bulan mendatang akan meningkat, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja April 2021 sebesar 117,9, meningkat dibandingkan 109,8 pada bulan sebelumnya. Berdasarkan tingkat pendidikan, indeks tersebut terpantau menguat seluruh kategori, terutama pada kelompok responden dengan latar belakang pendidikan akademi

Simak Databoks berikut: 

Selanjutnya, konsumen turut memperkirakan adanya kenaikan penghasilan pada enam bulan ke depan, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Penghasilan sebesar 126,7, meningkat dari 121,5 pada bulan sebelumnya. Kenaikan indeks terjadi pada seluruh kategori pengeluaran, tertinggi pada responden dengan pengeluaran Rp 2,1 - 3 juta per bulan.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...