KEB Hana Luncurkan LINE Bank, Tawarkan Tiga Layanan Perkenalan

Untuk membuka rekening, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang karena bisa membuka melalui aplikasi LINE Bank.
Image title
24 Juni 2021, 19:13
Line Bank
Line Bank
Line Bank

PT Bank KEB Hana Indonesia resmi meluncurkan aplikasi LINE Bank, Kamis (24/6) dengan menggandeng perusahaan aplikasi pesan singkat (chatting) LINE Corporation dan LINE Financial Asia. Ada tiga layanan perbankan yang ditawarkan oleh LINE Bank, yaitu simpanan, deposito, dan pembayaran.

Funding Product and Digital Marketing Head Bank Hana Hilda Limyanton menjelaskan, layanan simpanan LINE Bank tidak dipungut biaya bulanan, biaya tarik tunai melalui ATM manapun, dan biaya transfer.

"Kami mengerti nasabah tidak ingin dibebankan biaya lebih untuk mengakses rekeningnya," kata Hilda dalam peluncuran aplikasi LINE Bank yang dilakukan secara virtual.

Selain itu, saldo di tabungan nasabah bisa digunakan untuk membeli token listrik PLN dan mengisi pulsa telepon genggam. Meski baru dapat membayar tagihan tersebut, Hilda mengatakan, LINE Bank akan terus mengembangkan dan menambah layanan seiring kebutuhan nasabah.

Advertisement

Untuk membuka rekening, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang karena bisa membuka melalui aplikasi LINE Bank dengan bermodalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), telepon pintar, dan akses internet yang stabil. Hilda memperkirakan, waktu terlama proses pembukaan rekening hanya 5 menit.

Hilda mengatakan, nasabah bisa memiliki hingga 8 rekening tabungan agar bisa disesuaikan dengan tujuan pembukaannya. "Rekening dapat disesuaikan dengan pos keuangan nasabah, baik untuk darurat, liburan, untuk belanja rumah tangga, atau keperluan lainnya," kata Hilda.

Layanan lain yang ditawarkan oleh LINE Bank adalah pembayaran (payment), dimana selain melalui aplikasi, manajemen menawarkan kepemilikan kartu debit. Saat ini sistem pembayaran LINE Bank bisa digunakan pada rekanan yaitu Tokopedia, Shopee, Blibli, JD.id, Dana, Indomaret, dan Alfa Mart.

"Partner-partner ini tentu akan semakin bertambah sesuai komitmen kami memberikan terbaik bagi nasabah LINE Bank," kata Hilda.

Layanan terakhir yang ditawarkan LINE Bank adalah deposito berjangka. Nasabah bisa melakukan penempatan dana di deposito minimal Rp 1 juta dengan jangka waktu minimal satu bulan dengan kelipatan satu bulan. Nasabah bisa menempatkan deposito hingga 12 bulan.

Layanan deposito ini ditawarkan untuk memudahkan nasabah dalam menabung dengan mendapatkan bunga yang tinggi dari tabungan. Besaran bunga, tergantung dengan suku bunga yang berlaku.

Hilda mengatakan, nasabah bisa mencairkan dana depositonya jika ada keperluan mendadak, tanpa dikenakan penalti. "Dapat dicairkan langsung tanpa penalti dan tetap mendapat bunga sesuai dengan ketentuan suku bunga yang berlaku," kata Hilda.

Ia mengatakan, saat ini layanan yang diberikan LINE Bank memang masih terbatas sehingga layanan ini masih permulaan. Ke depan, LINE Bank akan menawarkan produk dan fitur lainnya.

Simak Databoks berikut: 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Consumer Banking Bank Hana, Anton Hermawan juga mengatakan di awal peluncuran ini, LINE Bank baru menawarkan layanan tabungan, deposito berjangka, dan pembayaran. Namun manajemen akan melakukan inovasi dan mengembangkan diri untuk memberikan layanan

"Salah satunya, kami akan hadirkan berbagai produk dan layanan finansial lainnya dalam waktu dekat untuk memenuhi kebutuhan nasabah kami," kata Anton. Sayangnya, Anton tidak mau membocorkan sedikitpun layanan lain yang disiapkan LINE Bank.

Kehadiran LINE Bank di Indonesia menyasar pasar generasi milenial dan generasi z yang sudah terbiasa dengan ekosistem LINE, fasih di dunia digital, dan menguasai penggunaan teknologi terkini.

Manajemen sebenarnya juga menyasar masyarakat dari segmen usia lainnya, yaitu yang lahir dan tumbuh di era kebangkitan digital, sangat terbiasa menggunakan teknologi, serta memiliki tujuan finansial yang jelas.

LINE Bank sebenarnya sudah dapat diakses melalui Play Store maupun App Store di Indonesia sejak 10 Juni 2021. Adapun kemitraan strategis antara LINE dan Bank Hana terbentuk sejak Oktober 2018, ketika LINE Financial Asia mengakuisisi 20% saham Bank Hana melalui perjanjian penyertaan modal.

 

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait