16 Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya

Siti Nur Aeni
8 Juni 2021, 12:00
16 Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya
ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha/AWW/dj
Ilustrasi bayi perempuan yang baru dilahirkan.

Nama adalah doa, begitulah kata kata orang bijak. Memang benar adanya, sehingga sangat wajar bila para orang tua sangat memedulikan nama untuk bayi mereka. Karena nama adalah doa, dalam memilih nama juga harus menggunakan bahasa yang baik dan penuh makna.

Bagi umat Islam, nama untuk anak biasanya diadopsi dari Alquran. Rangkaian kata yang berasal dari Al-quran diharapkan menjadi doa yang baik bagi anak tersebut. Apabila Anda sedang mencari nama bayi perempuan, mungkin daftar nama berikut ini bisa menjadi bahan referensi Anda.

Nama Bayi Perempuan Islami yang Cantik Menurut Islam dan Alquran

1. Aisyah Nur Rahma

Referensi nama pertama yang bisa Anda berikan kepada si kecil adalah Aisyah Nur Rahma. Jika diartikan, kata per kata, maka Aisyah memiliki arti hidup dan sehat. Kata Aisyah didopsi dari Surat An-Nur ayat 11-20. Aisyah juga merupakan sosok perempuan luar biasa, pemberani, dan setia.

Nur mengandung arti cahaya dan Rahma memiliki arti kasih sayang. Kata Rahma diambil dari Surat Yunus atau ke 57. Jika digabungkan ketiganya, nama tersebut mengandung makna dan harapan bahwa anak perempuan tersebut dapat hidup sehat dengan membawa cahaya kasih sayang kepada sesama.

2. Zahrana Bilqis

List nama berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Zahrana Bilqis. Zahrana diambil dari kata Zahra yang berarti bunga. Sementara Bilqis dalam Qur’an Surat An-Naml ayat 41 dan 42 berarti cantik. Sehingga, nama tersebut mengandung makna bunga yang cantik. Harapannya, anak perempuan tersebut menjadi bunga yang cantik, yang bisa memberikan warna bagi keluarga tersebut.

Bunga yang cantik juga menjadi simbol bahwa perempuan merupakan makhluk yang lemah lembut, cantik, dan indah dipandang. Dengan nama tersebut, harapannya anak tersebut memiliki akhlak dan budi pekerti yang sama seperti namanya.

3. Bilqis Ilmi Aghnia

Nama berikutnya yang bisa menjadi pilihan adalah Bilqis Ilmi Aghnia. Bilqis memiliki arti cantik sebagaimana yang terdapat dalam Q.S. An-Naml ayat 41 dan 42. Ilmi memiliki arti ilmu pengetahuan seperti yang terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat 47. Dan Aghnia dalam Qu’an Surat Al-Baqarah ayat 273 artinya adalah bersih dan suci.

Sehingga jika ketiganya dikombinasikan akan memberikan makna dan harapan bahwa anak tersebut akan menjadi perempuan yang cantik, berpengetahuan luas atau berilmu, dan memiliki hati serta kepribadian yang bersih dan suci.

4. Fatihah Ilmi Rahma

Nama bayi perempuan islami selanjutnya yaitu Fatihah Ilmi Rahma. Nama ini sangat cocok untuk anak pertama karena di dalamnya ada kata Fatihah yang diambil dari Surat Al-Fatihah yang mengandung arti pembukaan. Ilmi mengandung arti ilmu pengetahuan yang diambil dari Surat Al-Baqarah ayat 47.

Sedangkan Rahma memiliki arti kasih sayang yang diambil dari Surat Yunus atau ke 57. Harapannya anak perempuan yang diberi nama tersebut bisa menjadi anak pertama yang memiliki ilmu pengetahuan luas dan kasih sayang kepada orang tua, keluarga, dan sesamanya.

5. Kamila Nur Laila

Nama bayi perempuan berikutnya yaitu Kamila Nur Laila. Kamila dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 195 memiliki arti sempurna. Sementara Nur berarti cahaya dan Laila berarti malam. Kata Laila diambil dari Qur’an Surat Ad-Dukhan ayat 3 yang memiliki arti malam hari.

Jika dikombinasikan, arti kata dari nama tersebut adalah perempuan yang sempurna, bercahaya, yang lahir di malam hari. Nama ini cocok untuk anak perempuan yang lahir dimalam hari.

6. Annisa Khalisa Naadhira

Nama cantik dan islami yang memiliki makna bagus berikutnya yaitu Annisa Khalisa Naadhira. Kata Annisa memiliki makna perempuan sebagai mana dalam Surat An-Nisa. Sementara Khalisa dalam Surat Al-Araf ayat 32 artinya adalah suci, murni, dan bersih dari dosa. Dan Naadhira diambil dari Surat Al-Qiyamah ayat 22 yang mengandung arti berseri-seri. Sehingga nama ini mengandung makna perempuan yang suci dan berseri-seri.

7. Khalisa Aiza Az-Zahra

Khalisa Aiza Az-Zahra menjadi pilihan nama berikutnya yang dapat Anda pertimbangkan. Khalisa dalam Surat Al-Araf ayat 32 memiliki arti suci, murni, dan bersih dari dosa. Aiza dalam Q.S. Al-Maidah ayat 54 memiliki arti perkasa, dihormati dan mulia. Dan Az-Zahra diambil dari kata Zahra yang dalam bahasa Arab artinya bunga.

Bila diartikan secara lengkap, arti dari nama tersebut adalah perempuan yang suci, bersih, seperti bunga dan dihormati. Harapannya, anak perempuan tersebut nantinya menjadi perempuan yang indah seperti bunga, suci, bersih, namun kuat perkasa dan dihormati.

8. Bilqis Hilya Shalihah

Nama bayi perempuan islami yang cantik berikutnya yakni Bilqis Hilya Shalihah. Jika diartikan satu persatu, Bilqis dalam arti Q.S. An-Naml ayat 41 dan 42 berarti cantik. Hilya diambil dari Qur’an An-Nahl ayat 14 memiliki arti perhiasan. Dan Shalihah dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 277 artinya adalah perempuan yang shalihah.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...