16 Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya

Nama adalah sebuah doa. Sangat wajar bila para orang tua memedulikan nama untuk bayi mereka. Berikut ini daftar nama bayi perempuan islami yang dapat menjadi referensi Anda.
Image title
8 Juni 2021, 12:00
16 Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya
ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha/AWW/dj
Ilustrasi bayi perempuan yang baru dilahirkan.

Nama adalah doa, begitulah kata kata orang bijak. Memang benar adanya, sehingga sangat wajar bila para orang tua sangat memedulikan nama untuk bayi mereka. Karena nama adalah doa, dalam memilih nama juga harus menggunakan bahasa yang baik dan penuh makna.

Bagi umat Islam, nama untuk anak biasanya diadopsi dari Alquran. Rangkaian kata yang berasal dari Al-quran diharapkan menjadi doa yang baik bagi anak tersebut. Apabila Anda sedang mencari nama bayi perempuan, mungkin daftar nama berikut ini bisa menjadi bahan referensi Anda.

Nama Bayi Perempuan Islami yang Cantik Menurut Islam dan Alquran

1. Aisyah Nur Rahma

Referensi nama pertama yang bisa Anda berikan kepada si kecil adalah Aisyah Nur Rahma. Jika diartikan, kata per kata, maka Aisyah memiliki arti hidup dan sehat. Kata Aisyah didopsi dari Surat An-Nur ayat 11-20. Aisyah juga merupakan sosok perempuan luar biasa, pemberani, dan setia.

Nur mengandung arti cahaya dan Rahma memiliki arti kasih sayang. Kata Rahma diambil dari Surat Yunus atau ke 57. Jika digabungkan ketiganya, nama tersebut mengandung makna dan harapan bahwa anak perempuan tersebut dapat hidup sehat dengan membawa cahaya kasih sayang kepada sesama.

Advertisement

2. Zahrana Bilqis

List nama berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Zahrana Bilqis. Zahrana diambil dari kata Zahra yang berarti bunga. Sementara Bilqis dalam Qur’an Surat An-Naml ayat 41 dan 42 berarti cantik. Sehingga, nama tersebut mengandung makna bunga yang cantik. Harapannya, anak perempuan tersebut menjadi bunga yang cantik, yang bisa memberikan warna bagi keluarga tersebut.

Bunga yang cantik juga menjadi simbol bahwa perempuan merupakan makhluk yang lemah lembut, cantik, dan indah dipandang. Dengan nama tersebut, harapannya anak tersebut memiliki akhlak dan budi pekerti yang sama seperti namanya.

3. Bilqis Ilmi Aghnia

Nama berikutnya yang bisa menjadi pilihan adalah Bilqis Ilmi Aghnia. Bilqis memiliki arti cantik sebagaimana yang terdapat dalam Q.S. An-Naml ayat 41 dan 42. Ilmi memiliki arti ilmu pengetahuan seperti yang terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat 47. Dan Aghnia dalam Qu’an Surat Al-Baqarah ayat 273 artinya adalah bersih dan suci.

Sehingga jika ketiganya dikombinasikan akan memberikan makna dan harapan bahwa anak tersebut akan menjadi perempuan yang cantik, berpengetahuan luas atau berilmu, dan memiliki hati serta kepribadian yang bersih dan suci.

4. Fatihah Ilmi Rahma

Nama bayi perempuan islami selanjutnya yaitu Fatihah Ilmi Rahma. Nama ini sangat cocok untuk anak pertama karena di dalamnya ada kata Fatihah yang diambil dari Surat Al-Fatihah yang mengandung arti pembukaan. Ilmi mengandung arti ilmu pengetahuan yang diambil dari Surat Al-Baqarah ayat 47.

Sedangkan Rahma memiliki arti kasih sayang yang diambil dari Surat Yunus atau ke 57. Harapannya anak perempuan yang diberi nama tersebut bisa menjadi anak pertama yang memiliki ilmu pengetahuan luas dan kasih sayang kepada orang tua, keluarga, dan sesamanya.

5. Kamila Nur Laila

Nama bayi perempuan berikutnya yaitu Kamila Nur Laila. Kamila dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 195 memiliki arti sempurna. Sementara Nur berarti cahaya dan Laila berarti malam. Kata Laila diambil dari Qur’an Surat Ad-Dukhan ayat 3 yang memiliki arti malam hari.

Jika dikombinasikan, arti kata dari nama tersebut adalah perempuan yang sempurna, bercahaya, yang lahir di malam hari. Nama ini cocok untuk anak perempuan yang lahir dimalam hari.

6. Annisa Khalisa Naadhira

Nama cantik dan islami yang memiliki makna bagus berikutnya yaitu Annisa Khalisa Naadhira. Kata Annisa memiliki makna perempuan sebagai mana dalam Surat An-Nisa. Sementara Khalisa dalam Surat Al-Araf ayat 32 artinya adalah suci, murni, dan bersih dari dosa. Dan Naadhira diambil dari Surat Al-Qiyamah ayat 22 yang mengandung arti berseri-seri. Sehingga nama ini mengandung makna perempuan yang suci dan berseri-seri.

7. Khalisa Aiza Az-Zahra

Khalisa Aiza Az-Zahra menjadi pilihan nama berikutnya yang dapat Anda pertimbangkan. Khalisa dalam Surat Al-Araf ayat 32 memiliki arti suci, murni, dan bersih dari dosa. Aiza dalam Q.S. Al-Maidah ayat 54 memiliki arti perkasa, dihormati dan mulia. Dan Az-Zahra diambil dari kata Zahra yang dalam bahasa Arab artinya bunga.

Bila diartikan secara lengkap, arti dari nama tersebut adalah perempuan yang suci, bersih, seperti bunga dan dihormati. Harapannya, anak perempuan tersebut nantinya menjadi perempuan yang indah seperti bunga, suci, bersih, namun kuat perkasa dan dihormati.

8. Bilqis Hilya Shalihah

Nama bayi perempuan islami yang cantik berikutnya yakni Bilqis Hilya Shalihah. Jika diartikan satu persatu, Bilqis dalam arti Q.S. An-Naml ayat 41 dan 42 berarti cantik. Hilya diambil dari Qur’an An-Nahl ayat 14 memiliki arti perhiasan. Dan Shalihah dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 277 artinya adalah perempuan yang shalihah.

Gabungan ketiganya akan bermakna sebagai perempuan shalihah yang cantik seperti perhiasan. Harapannya, anak perempuan tersebut akan menjadi perempuan yang baik, cantik, dan bernilai selayanya perhiasan.

9. Nazra Sabira Hilya

Daftar nama untuk bayi perempuan selainjutnya yaitu Nazra Sabira Hilya. Nazra dalam Surat Al-Insan ayat 11 memiliki arti bahagia dan kegembiraan. Sabira dikutip dari Qur’an Surat Al-Anfal ayat ke 66 mengandung arti kesabaran. Dan Hilya di Qur’an An-Nahl ayat 14 memiliki arti perhiasan.

Harapannya dengan memberikan nama tersebut maka anak Anda menjadi perempuan yang bahagia, sabar, dan memiliki nilai selayaknya perhiasan. Nama tersebut tidak hanya memiliki arti yang bagus, juga unik dan jarang orang menggunakan nama tersebut.

10. Mafaza Aisyah Nazra

Setiap orang tua pasti ingin anaknya menjadi orang yang sukses. Nampakanya nama Mafaza cocok dijadikan sebagai doa setiap hari untuk kesuksesan anak anda. Mafza dalam Surat Az-Zumar ayat 61 memiliki arti selamat dan sukses. Sementara Aisyah memiliki arti hidup dan sehat dalam Surat An-Nur ayat 11-20. Nazra memiliki arti bahagia dan kegembiraan seperti dalam Surat Al-Insan ayat ke 11.

Maka dari itu arti dari Mafaza Aisyah Nazra yaitu seorang perempuan yang sukses, hidup dengan sehat dan bahagia. Kata Aisyah yang diselipkan dalam nama tersebut juga mengandung harapan kelak anaknya bisa kuat, tangguh, dan sukses seperti Ibunda Aisyah, istri Rasul.

11. Salwa Humairah

List nama sebelumnya mengandung tiga unsur kata, namun kali ini dua suku kata. Salwa Humairah dapat menjadi pilihan nama islami bayi perempuan. Salwa dalam Surat Taha ayat 80 berarti pembawa kebahagiaan. Sedangkan Humairah memiliki arti perempuan yang pipinya kemerahan. Harapannya,  dia menjadi perempuan yang membawa kebahagian dan memiliki penampilan cantik dengan pipi yang kemerahan.

12. Asyifa Nur Baiti

Nama Islami berikutnya yang bisa digunakan untuk anak perempuan anda adalah Asyifa Nur Baiti Asyifa dalam bahasa Arab memiliki arti obat atau penawar atau penyembuh. Nur memiliki arti cahaya, dan Baiti memiliki arti rumah. Harapannya, anak perempuan diberi nama tersebut dapat menjadi obat dan cahaya di rumahnya.

13. Khanza Nurul Fauziyah

Nama bayi perempuan lain yang bisa Anda pertimbangkan yaitu Khanza Nurul Fauziyah. Khanza berasal dari bahasa Arab yang berarti wanita yang baik. Nurul dari kata Nur memiliki arti cahaya. Dan Fauziyah berarti kemenangan.

Jika digabungkan, nama tersebut akan bermakna wanita baik yang memiliki cahaya kemenangan. Harapannya, nantinya anak perempuan tersebut dapat menjadi perempuan yang baik dan selalu mendapatkan kemenangan atau kesuksesan dalam perjalanan hidupnya.

14. Aqila Zalfa Sabira

Nama bayi perempuan islami yang cantik lainnya yaitu Aqila Zalfa Sabira. Aqila berasal dari bahasa Arab yang berarti bijaksana atau pandai. Zalfa juga diadopsi dari bahasa Arab, artinya seperti mutiara, bersinar, atau berkilau.

Sementara itu, Sabira dalam Qur’an Surat Al-Anfal ayat ke 66 mengandung arti kesabaran. Maka dari itu, makna dari nama cantik tersebut adalah perempuan yang bijaksana, pintar, bersinar, dan memiliki kesabaran tinggi. Sungguh nama yang penuh makna bukan?

15. Aisyah Zalfa Humairah

Nama islami untuk bayi perempuan selanjutnya yaitu Aisyah Zalfa Humairah. Aisyah dalam Surat An-Nur ayat 11-20 memiliki arti hidup dan sehat. Zalfa dalam bahasa Arab mengandung arti bersinar. Sedangkan Humairah memiliki arti perempuan yang pipinya kemerahan.

Ketiga kata tersebut diartikan secara penuh mengandung makna perempuan yang hidup sehat, bersinar, dan memiliki pipi kemerahan. Harapannya, anak tersebut nantinya dapat tumbuh menjadi perempuan yang sehat, cantik, dan bersinar.

16. Nurul Shafia

Nama bayi perempuan menurut Islam dan Alqur’an berikutnya adalah Nurul Shafia. Nurul berasal dari kata Nur yang berarti cahaya, sedangkan Shafia memiliki arti pengampuan. Harapannya, anak perempuan Anda akan menjadi orang yang pemaaf.

Demikian 16 nama bayi perempuan yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda. Pilihlah nama yang paling sesuai dengan harapan dan doa Anda terhadap anak tersebut. Berikan nama yang paling bagus dan bermakna karena nama adalah doa.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait