13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Mudah, Murah dan Aman

Jerawat menjadi masalah pada kulit yang ditakuti banyak orang. Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami, mudah, murah, dan tentu saja aman yang dapat Anda praktikkan.
Image title
17 Juni 2021, 09:55
13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Mudah, Murah dan Aman
The Clinic Beautylosophy
Ilustrasi wajah cerah tanpa jerawat

Jerawat merupakan masalah pada kulit yang kerap ditakuti. Banyak orang merasa jerawat sangat mengganggu, hingga rela melakukan apa saja untuk menghilangkannya.

Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang terlalu banyak memproduksi minyak atau sebum. Produksi minyak berlebih tersebut yang membuat peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit.

Peradangan akan memunculkan benjolan pada kulit. Jerawat ini bisa muncul tidak hanya di wajah saja, namun pada bagian tubuh lain seperti leher, punggung, dan bagian tubuh lain yang memproduksi minyak berlebih.

Sebenarnya, jerawat tidaklah berbahaya dan sangat umum terjadi pada setiap orang. Walaupun demikian, jerawat cukup mengganggu dan terkadang menyakitkan seperti jerawat batu. Bahkan sampai menyebabkan orang yang memiliki jerawat menjadi kehilangan kepercayaan diri.

Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk perkembangan psikologisnya. Mereka yang memiliki jerawat biasanya mendapatkan tekanan sosial mulai dari ejekan sampai bullying. Hal itu membuat banyak orang berusaha sangat keras untuk menghilangkan jerawatnya.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Wajah

Saat ini diketahui ada beberapa cara menghilangkan jerawat. Ada yang menggunakan cara alami ada juga dengan cara-cara tidak alami seperti mengkonsumsi obat jerawat atau menggunakan krim jerawat. Menggunakan obat-oabatan kimiawi untuk menghilangkan jerawat dapat menimbulkan efek yang kurang baik suatu hari nanti.

Kesadaran tersebut, membuat banyak orang lebih memilih menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat wajah terutama jerawat baru. Berikut ini rekomendasi bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat batu di wajah.

1. Kentang

Bahan alami untuk hilangkan jerawat yang pertama yakni kentang. Siapa sangka bahan makanan kaya karbohidrat ini mampu untuk menghilangkan jerawat batu? Kentang diketahui mengandung zat anti peradangan yang cocok untuk menghilangkan jerawat. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C, niacin, dan antioksidan di dalamnya juga baik untuk kesehatan kulit wajah.

Cara memanfaatkan kentang untuk hilangkan jerawat dapat dilakuan dengan memotong kentang tipis-tipis, kemudian letakkan potongan kentang tersebut pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara tersebut berulang kali untuk dapatkan hasil yang maksimal.

2. Lidah buaya

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya yakni dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman yang satu ini sudah sejak lama dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Gel lidah buaya dipercaya dapat meredakan peradangan yang dapat menyebabkan jerawat.

Untuk menggunakan lidah buaya sangat mudah. Anda bisa langsung mengerok gel lidah buaya menggunakan sendok, kemudian oleskan pada area wajah seperti saat memakai pelembab. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas dengan air. Lakukan proses tersebut 1 – 2 kali dalam sehari. Akan tetapi, jika muncul gejala seperti iritasi, gatal-gatal pada wajah, atau wajah berubah menjadi kemerahan maka sebaiknya hentikan penggunaannya.

3. Menggunakan cuka apel

Bahan alami berikutnya untuk menghilangkan jerawat dengan cepat adalah cuka apel. Cuka ini diketahui memiliki kandungan asam organik yang disebut-sebut mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Meski aromanya sangat menyengat dan jarang disukai, tetapi banyak orang yang merasa cuka apel ini ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Cuka apel sudah mudah ditemui, bahkan dijual bebas di beberapa market place. Namun untuk mendapatkan produk yang asli dengan kualitas terbaik, Anda mesti jeli dalam memilih produk cuka apel yang banyak dijual bebas tersebut.

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda bisa langsung mencampurkan cuka apel sebanyak satu sendok makan dengan air. Kemudian oleskan pada kulit yang berjerawat dengan memakai kapas steril. Tempelkan kapas selama 5 – 20 detik, kemudian bilas wajah dan keringkan. Lakukan langkah tersebut 1 – 2 kali sehari agar jerawat batu segera menghilang.

4. Es batu

Siapa sangka es batu juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat batu. Es batu yang selama ini kita konsumsi bersama dengan minuman bisa untuk meredakan peradangan yang memicu jerawat. Caranya yakni dengan mengompres jerawat menggunakan es batu yang telah dibalut dengan kain. Meskipun mampu meredakan peradangan, namun es batu tidak bisa menyembuhkan jerawat sampai tuntas. Anda bisa mengkombinasikan cara lain agar hasilnya lebih maksimal.

5. Menggunakan perasan air lemon

Air lemon diketahui memiliki kandungan asam sitrat yang baik untuk menyembuhkan jerawat. Anda bisa memanfaatkan kebaikan air lemon dengan cara mencelupkan kapas steril ke dalam air lemon. Kemudian kapas tersebut dapat langsung diusapkan pada kulit yang berjerawat. Selanjutnya diamkan selama semalam.

Meskipun aman, namun tidak semua kulit cocok. Tanda kulit tidak cocok biasanya dilihat pada adanya iritasi, kulit terasa perih, atau kondisi tak normal lainnya. Jika Anda merasakan gejala tersebut, sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.

6. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat baru dengan cepat dan alami. Minyak kelapa diketahui memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang mampu membuat kulit wajah tidak menghasilkan minyak berlebih. Kandungan tersebut juga dipercaya dapat mematikan bakteri jahat yang dapat menyebabkan jerawat di wajah. Anda bisa mengoleskannya pada jerawat. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Menggunakan bawang putih

Selain banyak diburu sebagai bumbu masak, bawang putih juga ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Bawang putih dipercaya dapat membantu menyembuhkan infeksi serta meningkatkan imunitas yang dapat menyembuhkan jerawat dari dalam.

Cara menghilangkan jerawat cepat dengan bantuan bawang putih dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi bersama makanan harian. Sangat tidak disarankan untuk mengoleskan bawang putih secara langsung, karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi yang membuat jerawat anda semakin parah.

8. Madu

Selain baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh, madu bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat di wajah. Madu diketahui memiliki antioksidan yang mampu membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah. Selain itu, madu diketahui memiliki kandungan antibakteri yang dapat menyembuhkan luka salah satunya luka peradangan akibat jerawat.

Anda bisa langsung mengoleskan madu ke kulit wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas steril atau kapas bersih. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan beberapa kali secara rutin untuk merasakan manfaatnya secara optimal.

9. Manfaatkan masker dari putih telur

Bahan alami untuk hilangkan jerawat dengan mudah adalah putih telur. Jika biasanya Anda memanfaatkan putih telur untuk campuran makanan, kali ini bisa mencobanya untuk menghilangkan jerawat secara alami. Putih telur dipercaya dapat mengecangkan kulit wajah dan dapat mengeluarkan minyak yang ada di dalam kulit.

Langkah-langkah untuk menggunakan putih telur sebagai masker dapat diwali dengan memisahkan terlebih dahulu putih telur dengan kuningnya. Kocok putih telur sebentar kemudian oleskan pada jerawat. Tunggu sampai olesan putih telur tersebut mengering dan ulangi sampai kurang lebih 4 kali.

Tunggu kembali sampai kurang lebih 20 menit, kemudian bilas. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa menggunakan masker putih telur secara rutin. Selain bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat, putih telur juga baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

10. Memanfaatkan kulit jeruk

Jika sebelumnya dijelaskan bahwa perasan air lemon dapat menyembuhka jerawat, kali ini kami informasikan bahwa kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat di wajah. Kulit jeruk yang mengandung vitamin C dan antioksidan dipercaya mampu mempercepat regenerasi kulit.

Untuk memanfaatkan kulit jeruk, Anda terlebih dahulu memarut kulit jeruk kemudian tambahkan air, agar berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan pasta tersebut ke kulit wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Bilas dengan air dan keringkan.

11. Olahraga yang rutin

Selain dengan menggunakan bahan-bahan non-kimia, Anda juga bisa berolahraga dengan rutin . Olahraga mampu memperbaiki sirkulasi darah, memelihara sel kulit, dan meningkatkan aliran darah, sehingga membantu menghilangkan jerawat dari dalam. Selain itu, olahraga juga bisa membuat tubuh Anda menjadi bugar, tentu saja hal tersebut secara tidak langsung dapat mencegah timbulnya jerawat.

12. Minum air putih

Air putih selain dipercaya baik bagi pencernaan, ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat. Ketersediaan cairan yang cukup akan membuat tubuh lebih bugar dan proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Mengkonsumsi air putih yang cukup juga bisa mencegah munculnya jerawat baru. Kulit yang kering memiliki risiko lebih besar untuk timbul jerawat. Dengan konsumsi air yang cukup maka kulit akan selalu lembab dan jerawat tidak mudah tumbuh.

13. Menjaga management stress

Salah satu faktor munculnya jerawat adalah karena faktor hormonal dari dalam tubuh. Untuk itu, menjaga agar tidak mudah stres merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan dan mencegah munculnya jerawat. Menjaga diri agar tidak mudah stres dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang sampai dengan mengatur pola istirahat yang baik dan benar.

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami, mudah, murah, dan tentu saja aman yang dapat anda praktikkan langsung. Semoga berhasil.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait