13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Mudah, Murah dan Aman

Siti Nur Aeni
17 Juni 2021, 09:55
13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Mudah, Murah dan Aman
The Clinic Beautylosophy
Ilustrasi wajah cerah tanpa jerawat

Jerawat merupakan masalah pada kulit yang kerap ditakuti. Banyak orang merasa jerawat sangat mengganggu, hingga rela melakukan apa saja untuk menghilangkannya.

Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang terlalu banyak memproduksi minyak atau sebum. Produksi minyak berlebih tersebut yang membuat peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit.

Peradangan akan memunculkan benjolan pada kulit. Jerawat ini bisa muncul tidak hanya di wajah saja, namun pada bagian tubuh lain seperti leher, punggung, dan bagian tubuh lain yang memproduksi minyak berlebih.

Sebenarnya, jerawat tidaklah berbahaya dan sangat umum terjadi pada setiap orang. Walaupun demikian, jerawat cukup mengganggu dan terkadang menyakitkan seperti jerawat batu. Bahkan sampai menyebabkan orang yang memiliki jerawat menjadi kehilangan kepercayaan diri.

Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk perkembangan psikologisnya. Mereka yang memiliki jerawat biasanya mendapatkan tekanan sosial mulai dari ejekan sampai bullying. Hal itu membuat banyak orang berusaha sangat keras untuk menghilangkan jerawatnya.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Wajah

Saat ini diketahui ada beberapa cara menghilangkan jerawat. Ada yang menggunakan cara alami ada juga dengan cara-cara tidak alami seperti mengkonsumsi obat jerawat atau menggunakan krim jerawat. Menggunakan obat-oabatan kimiawi untuk menghilangkan jerawat dapat menimbulkan efek yang kurang baik suatu hari nanti.

Kesadaran tersebut, membuat banyak orang lebih memilih menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat wajah terutama jerawat baru. Berikut ini rekomendasi bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat batu di wajah.

1. Kentang

Bahan alami untuk hilangkan jerawat yang pertama yakni kentang. Siapa sangka bahan makanan kaya karbohidrat ini mampu untuk menghilangkan jerawat batu? Kentang diketahui mengandung zat anti peradangan yang cocok untuk menghilangkan jerawat. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C, niacin, dan antioksidan di dalamnya juga baik untuk kesehatan kulit wajah.

Cara memanfaatkan kentang untuk hilangkan jerawat dapat dilakuan dengan memotong kentang tipis-tipis, kemudian letakkan potongan kentang tersebut pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara tersebut berulang kali untuk dapatkan hasil yang maksimal.

2. Lidah buaya

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya yakni dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman yang satu ini sudah sejak lama dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Gel lidah buaya dipercaya dapat meredakan peradangan yang dapat menyebabkan jerawat.

Untuk menggunakan lidah buaya sangat mudah. Anda bisa langsung mengerok gel lidah buaya menggunakan sendok, kemudian oleskan pada area wajah seperti saat memakai pelembab. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas dengan air. Lakukan proses tersebut 1 – 2 kali dalam sehari. Akan tetapi, jika muncul gejala seperti iritasi, gatal-gatal pada wajah, atau wajah berubah menjadi kemerahan maka sebaiknya hentikan penggunaannya.

3. Menggunakan cuka apel

Bahan alami berikutnya untuk menghilangkan jerawat dengan cepat adalah cuka apel. Cuka ini diketahui memiliki kandungan asam organik yang disebut-sebut mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Meski aromanya sangat menyengat dan jarang disukai, tetapi banyak orang yang merasa cuka apel ini ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Cuka apel sudah mudah ditemui, bahkan dijual bebas di beberapa market place. Namun untuk mendapatkan produk yang asli dengan kualitas terbaik, Anda mesti jeli dalam memilih produk cuka apel yang banyak dijual bebas tersebut.

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda bisa langsung mencampurkan cuka apel sebanyak satu sendok makan dengan air. Kemudian oleskan pada kulit yang berjerawat dengan memakai kapas steril. Tempelkan kapas selama 5 – 20 detik, kemudian bilas wajah dan keringkan. Lakukan langkah tersebut 1 – 2 kali sehari agar jerawat batu segera menghilang.

4. Es batu

Siapa sangka es batu juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat batu. Es batu yang selama ini kita konsumsi bersama dengan minuman bisa untuk meredakan peradangan yang memicu jerawat. Caranya yakni dengan mengompres jerawat menggunakan es batu yang telah dibalut dengan kain. Meskipun mampu meredakan peradangan, namun es batu tidak bisa menyembuhkan jerawat sampai tuntas. Anda bisa mengkombinasikan cara lain agar hasilnya lebih maksimal.

5. Menggunakan perasan air lemon

Air lemon diketahui memiliki kandungan asam sitrat yang baik untuk menyembuhkan jerawat. Anda bisa memanfaatkan kebaikan air lemon dengan cara mencelupkan kapas steril ke dalam air lemon. Kemudian kapas tersebut dapat langsung diusapkan pada kulit yang berjerawat. Selanjutnya diamkan selama semalam.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...