6 Cara Memutihkan Wajah Alami, Cepat, dan Permanen

Tampil cantik dan memesona adalah dambaan setiap perempuan. Wajar jika banyak perempuan mencari cara memutihkan wajah agar tampil cantik maksimal.
Image title
6 Juni 2021, 07:00
cara memutihkan wajah
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Ilustrasi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah.

Tampil cantik dan mempesona menjadi dambaan banyak perempuan. Mereka merasa harus tampil cantik karena urusan pekerjaan atau momen spesial yang mengharuskannya tampil berbeda. Walaupun tampil cantik bisa dibantu dengan penggunaan make up, namun banyak perempuan yang merasa kurang puas dengan hal tersebut.

Salah satu hal yang sering dipermasalahkan para perempuan tentang kecantikan terkait warna kulit. Masih kerap dijumpai pandangan orang terhadap kulit putih sebagai lebih cantik dibandingkan dengan kulit gelap.

Hal tersebut membuat para perempuan berkulit gelap merasa tak percaya diri dan melakukan banyak cara memutihkan wajah agar tampil sempurna. Tidak semua cara yang ada benar dan aman.

Maka dari itu perlu diketahui cara untuk memutihkan wajah dengan aman dan hasilnya tetap maksimal. Berikut ini penjelasannya.

Advertisement

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Aman

Sebenarnya untuk memutihkan kulit wajah banyak sekali caranya seperti menggunakan bahan alami, mengkonsumi obat pemutih, menggunakan krim pemutih, dan lain sebagainya. Di antara cara-cara tersebut, menggunakan bahan alami nampaknya menjadi jalan yang paling aman karena tidak menimbulkan efek samping jangka panjang yang buruk bagi kesehatan.

Ada beberapa buah dan sayur yang bisa digunakan sebagai bahan pemutih wajah. Apa saja jenisnya? Simak penjelasan berikut ini;

1. Buah Alpukat

Siapa sih yang tidak mengenal alpukat? Buah yang satu ini memang sudah lama terkenal baik untuk kecantikan dan kesehatan wajah. Alpukat kaya akan vitamin A, E, C, K, B6, B1, Folat, dan Asam Pantotenat. Alpukat juga bersfiar antioksidan sehingga baik untuk peremajaan kulit dan mencegah kerusakan sel.

Buah ini mengandung lemak sehat yang dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit, meminimalisir peradanan, dan mempercepat penyembuhan luka. Mengkonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu mencerahkan kulit wajah secara alami dari dalam. Kandungan vitamin yang ada didalamnya juga tentu saja baik untuk kesehatan bagian tubuh lainnya.

2. Timun

Timun juga merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan kulit wajah. Sudah sering kita melihat perempuan menggunakan timun untuk masker atau kita juga sering melihat banyak produk masker yang menggunakan kebaikan timun sebagai bahan utamanya.

Timun memiliki kadar air yang tinggi sehingga mampu memberikan kesejukan. Selain itu, timun juga memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga sel-sel tubuh dengan baik. Vitamin K, C, dan serat yang terkandung didalamnya dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah sekligus mengurangi kerutan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain digunakan sebagai masker, Anda juga bisa mengkonsumsi timun secara rutin.

3. Buah Pepaya

Pepaya sejauh ini dikenal sebagai buah yang baik untuk pencernaan. Namun siapa sangka buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral ini juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Pepaya memiliki kandungan enzim papain dan chymopapain yang dapat mencegah kerusakan kulit dan berperan sebagai anti bakteri.

Pepaya juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin lainnya seperti vitamin A, vitamin C, asam pantotenat, folat, tembaga, magnesium, dan kalium yang dapat mencerahkan wajah secara alami. Anda akan mendapatkan dua kebaikan sekaligus ketika mengkonsumsi buah ini, untuk mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan pencernaan.

4. Buah Mangga

Buah Mangga juga ternyata dapat digunakan sebagai cara memutihkan wajah secara alami. Buah ini memiliki kandungan Vitamin A, E, C, K, kaya akan antioksidan, falfonoid, beta karoten, dan xanthophylls. Kandungan tersebut yang membuat mangga dapat melindungi kulit dari dalam dan mencegah peradangan. Kulit yang terlindungan akan memancarkan nampak cerah sepanjang hari. Saat ini mangga sering menjadi bahan utama dalam kosmetik ataupun skincare.

5. Buah Bengkuang

Bengkuang sudah sejak dahulu terkenal mampu mencerahkan sekaligus memutihkan kulit. Buah yang kaya akan vitamin B dan C ini dipercaya dapat mempercepat proses regenari kulit sehingga kulit kusam akan cepat terangkat. Sudah banyak produk skincare dan body care yang menggunakan bengkuang sebagai bahan utamanya. Anda juga bisa menggunakan bengkuang sebagai masker, scrub, atau dapat dikonsumsi langsung untuk mendapatkan hasil kulit cerah yang maksimal.

6. Lidah Buaya

Cara memutihkan kulit wajah berikutnya yakni dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya diketahui memiliki kandungan aloesin yang dapat menghambat pembentukan melainan dalam kulit. Lidah buaya sudah sejak lama digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan karena dipercaya dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. Anda pun bisa menggunakan lidah buaya secara langsung untuk mencerahkan kulit wajah.

Bagaimana Cara Memutihkan Wajah Dalam 3 Hari?

Seringkali kita tidak sabar untuk melihat hasil dari produk kecantikan yang kita gunakan. Salah satunya yakni pertanyaan bagaimana cara memutihkan wajah dalam waktu yang singkat? Selain beberapa pilihan bahan alami yang sudah disebutkan diatas, ada juga beberapa bahan yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah dengan cepat dalam waktu 3 hari saja. Berikut ini penjelasan lengkapnya

1. Menggunakan Masker Jaruk Nipis

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dipercaya dapat membantu memutihkan kulit dalam waktu singkat. Anda bisa mencoba menggunakan jeruk nipis sebagai masker dengan cara potong tipis jerik nipis dan tempelkan pada wajah. Gunakan masker jeruk nipis sebanyak dua kali sehari. Maka anda akan melihat hasilnya di 3 hari setelah pemakaian rutin. Untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa menggunakannya sampai 1 minggu.

2. Cuci Muka dengan Air Beras

Siapa sangka jika air beras yang sering kita buang begitu saja ternyata bisa digunakan sebagai cara alami memutihkan wajah. Air beras memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, flavonoid dan fenolic yang baik bagi kesehatan kulit. Kandungan lainnya yang diketahui ada dalam air beras adalah oryzanol yang mampu menangkal radiasi ultra violet yang berbahaya bagi kulit.  

Cara untuk memanfaatkan air beras yakni bisa digunakan untuk cuci muka. Namun sebelum mencuci muka anda dengan air beras, alangkah baiknya untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat lalu keringkan. Setelah itu, anda bisa langsung membasuh wajah menggunakan air cucian beras yang biarkan sampai sekitar 15 menit lalu bersihkan kembali wajah anda dengan air bersih dan sabut. Anda bisa melakukan cara ini sehari dua kali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Menggunakan Masker Campuran Madu dan Susu

Cara memutihkan kulit wajah dengan cepat berikutnya adalah dengan menggunakan masker campuran madu dan susu. Kandungan vitamin Ad dan D dalam susu bermanfaat untuk menjadikan kulit semakin lembut. Kandungan proten dan antioksidan yang tinggi juga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Campurkan susu dengan madu dan oleskan secara merata pada kulit wajah secara rutin, maka dalam 3 hari saja anda akan merasakan kulit wajah anda menjadi lebih cerah.

Bagaimana Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Permanen?

Jika menggunakan obat-obatan atau krim wajah tertentu mungkin bisa memutihkan kulit, namun biasanya sifatnya tidak permanen atau suatu saat bisa kembali kewarna kulit aslinya. Untuk mendapatkan kulit putih alami dan permanen anda bisa melakukan tips berikut ini:

1. Mengkonsumsi makanan bergizi

Asupan makanan bergizi yang tidak banyak mengandung minyak seperti gorengan ternyata baik untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak mengkonsumsi buah, sayur, dan susu rendah lemak dipercaya dapat menjadi salah satu cara memutihkan wajah secara alami dan permanen.

2. Gunkan jus lemon

Jus lemon dipercaya dapat mencerahkan kulit secara alami. Cara memanfaatkan jus lemon untuk memutihkan kulit wajah adalah dengan menuangkan jus lemon ke wajah dan tunggu sampai satu jam kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit putih permanen.

3. Tidak merokok

Selain tidak baik untuk kesehatan organ pernapasan, rokok juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Rokok juga dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini dan memperlambat fungsi sel kulit. Maka dari itu, jika anda ingin mendapatkan kulit cerah alami dan permanen hindari merokok baik aktif ataupun pasif.

4. Menjaga kualitas tidur

Pola tidur yang teratur juga dapat menjadi salah satu cara memutihkan wajah secara alami dan permanen. Tidur nyenyak selama kurang lebih 8 jam setiap harinya dapat  mencegah munculnya jerawat, lingkaran hitam dibawah mata, dan kulit kusam. Oleh sebab itu, mulai sekarang jaga kualitas tidur dengan baik jika ingin kulit sehat dan cantik sepanjang hari.

Masker Apa yang Cepat Memutihkan Wajah?

Sudah dijelaskan bahwa banyak bahan alami disekitar kita yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah. Berikut adalah pilihan masker dari bahan alami untuk memutihkan wajah, cara membuat dan aplikasinya:

1. Masker buah alpukat

Cara membuat masker ini, hancurkan buah alpukat dan tambahkan susu secukupnya. Oleskan pada wajah dan tunggu 15-16 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Masker buah pepaya

Hancurkan buah pepaya kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit, dan bilas dengan air.

3. Masker kunyit

Cara buat masker ini, haluskan kunyit dan campur dengan madu untuk membentuk pasta. Oleskan pada muka, tunggu sampai 20 menit kemudian bilas.

4. Masker tomat

Cara membuatnya, haluskan tomat kemudian tempelkan pada wajah. Tunggu beberapa saat dan bilas wajah sampai bersih.

5. Masker timun

Cara buatnya, iris tipis timun kemudian tempelkan secara langsung pada wajah.

Muka Glowing Pakai Apa?

Selain cara memutihkan wajah, cara untuk memiliki muka glowing atau bersinar juga menjadi hal yang paling dicari banyak orang. Untuk memiliki muka glowing, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang digunakan untuk memutihkan wajah salah satunya lidah buaya.

Caranya, dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah. Diamkan selam kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan gel lidah buaya minimal 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan muka glowing alami.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait