8 Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tak hanya buahnya yang baik untuk tubuh, ada banyak manfaat daun alpukat yang berguna untuk kesehatan, meliputi pencegahan diabetes hingga insomnia.
Image title
16 Agustus 2021, 08:54
Petani memanen buah alpukat miki (Persea Americana) di Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai, Riau, Sabtu (21/3/2020). Tak hanya buahnya yang baik untuk tubuh, ada banyak manfaat daun alpukat yang berguna untuk kesehatan, meliputi pencegahan diabetes hingga i
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/pras.
Petani memanen buah alpukat miki (Persea Americana) di Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai, Riau, Sabtu (21/3/2020).

Alpukat telah terbukti memiliki manfaat manfaat kesehatan yang baik untuk sistem tubuh serta mudah untuk dikonsumsi. Namun, tidak banyak orang yang membicarakan manfaat dari daun alpukat.

Tidak hanya buahnya yang baik untuk tubuh, daun alpukat juga berpotensi mencegah penyakit dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun alpukat bisa kita dapatkan dengan menggunakan air rebusan daun alpukat.

Beberapa penelitian menunjukan potensi dari daun alpukat sebagai pengobatan untuk masalah kesehatan seperti pilek, flu, sakit perut, radang sendi, dan tekanan darah tinggi.

Karakteristik Daun Alpukat

Daun alpukat berukuran kecil hingga sedang dan berbentuk lonjong hingga elips, dengan lebar rata-rata 4-10 sentimeter dan panjang 10-30 sentimeter. Permukaan di bagian atas daun berwarna hijau tua dan kasar, sedangkan bagian bawah daun berwarna hijau muda hingga coklat.

Ada urat hijau keputihan yang menonjol yang menjalar pada daun yang berbentuk memanjang dan ramping. Daun alpukat biasanya dipanggang sebelum digunakan. Aroma daun alpukat seperti perpaduan kacang dan adas manis yang lembut namun memiliki rasa yang sedikit pahit dan tajam.

Daun alpukat biasanya dipanen dari varietas alpukat Meksiko, yang secara botani diklasifikasikan sebagai Persea drymifolia. Daun alpukat masih dalam klasifikasi famili yang sama dengan daun salam.

Daun alpukat secara komersial ditemukan dalam bentuk segar dan kering serta digunakan sebagai obat dan bahan masakan. Daun alpukat merupakan sumber serat dan antioksidan yang sangat baik seperti fenol dan flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, daun alpukat juga mengandung seng, mangan, kalsium, natrium, magnesium, besi, dan kalium.

Manfaat Daun Alpukat

1. Mengandung Antioksidan

Alpukat dikenal tinggi antioksidan, tetapi daun alpukat memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada buahnya. Daun alpukat memiliki senyawa yang disebut quercetin yang mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Radikal bebas adalah produk degenerasi yang terjadi secara alami dalam tubuh kita sebagai akibat dari oksigenasi. Antioksidan dalam daun alpukat dapat memperlambat atau bahkan mencegah proses ini terjadi sehingga menjaga tubuh kita lebih sehat.

2. Mengobati Batu Ginjal

Daun alpukat mengandung alkaloid, flavonoid, dan saponin. Semua ini adalah zat ampuh yang memiliki potensi untuk memecah batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa minum 2 cangkir air rebusan daun alpukat setiap hari dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan batu ginjal. Kebanyakan orang melihat hasilnya dalam sepuluh hari.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Antioksidan dalam daun alpukat juga dapat membantu menjaga pembuluh darah. Meskipun daun alpukat tidak akan menurunkan LDL atau "kolesterol jahat", daun alpukat dapat menurunkan tekanan darah menjadi lebih rendah. Untuk hasil terbaik, konsumsi air rebusan daun alpukat setiap hari.

4. Mengurangi Kejang

Kejang adalah hasil dari ketidakseimbangan neurologis karena terlalu banyak aktivitas di area saraf otak. Para peneliti telah mencatat bahwa ekstrak daun alpukat bekerja untuk meningkatkan transmisi GABA atau gamma-aminobutyric acid, yaitu zat kimia yang dibuat oleh neuron khusus untuk mengirimkan pesan.

GABA tersebut berfungsi untuk menenangkan sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kejang. Beberapa penelitian masih terus dilakukan untuk mengungkap potensi daun alpukat untuk mengobati epilepsi.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun alpukat mengandung flavonoid, saponin, dan juga tanin. Senyawa ini berperan dalam menyeimbangkan keasaman lambung sehingga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi kemungkinan bisul.

Bisul adalah kejadian umum pada orang yang mengalami tingkat stres yang tinggi. Daun alpukat tidak hanya dapat menenangkan tingkat stres Anda, tetapi juga dapat mengobati sakit maag yang diakibatkannya.

6. Menurunkan Glukosa dalam Darah

Seperti kebanyakan teh, antioksidan dan fitokimia dalam air rebusan daun alpukat membantu tubuh untuk membakar lemak dan glukosa. Oleh sebab itu, daun alpukat sangat baik untuk individu yang menderita diabetes tipe 2.

7. Mengobati Gejala Asma

Senyawa fitokimia dalam daun alpukat dapat memberikan relaksasi dan ketenangan dalam bagian tubuh dan pikiran. Daun alpukat dapat mengurangi sakit kepala, nyeri otot, dan bahkan asma karena daun alpukat bekerja dengan mengurangi kekakuan pada otot-otot pernapasan yang menyebabkan gejala asma yang tidak nyaman. Beberapa ahli merekomendasikan untuk menambahkan satu sendok makan garam per 3 cangkir air rebusan daun alpukat.

8. Mencegah Insomnia

Kehadiran serotonin dan limonene dalam daun alpukat dapat membantu mengatur suasana hati dan nafsu makan seseorang sehingga mencegah insomnia. Kadar serotonin yang rendah diyakini menyebabkan depresi dan insomnia. Mengonsumsi air rebusan daun alpukat dapat meningkatkan serotonin sehingga membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Cara Membuat Air Rrebusan Daun Alpukat

Membuat air rebusan daun alpukat tidak memakan waktu lama. Daun alpukat juga banyak dijual di pasaran baik dalam bentuk segar atau kering.

  1. Cuci daun alpukat dengan baik hingga benar-benar bersih.
  2. Ambil panci dan tuang 1-2 gelas air lalu tambahkan daun alpukat ke dalamnya.
  3. Rebus selama sekitar 10 menit.
  4. Tambahkan pemanis seperti madu untuk membuat air rebusan daun alpukat lebih enak.
  5. Matikan api dan saring daun ke dalam cangkir dan minum saat masih hangat

Demikian manfaat daun alpukat serta cara membuat air rebusan daun alpukat untuk mendapatkan efek yang maksimal.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait