10 Permainan Tradisional Indonesia dan Cara Memainkannya

Image title
31 Agustus 2021, 15:10
Balai Konservasi Borobudur (BKB) menggelar aktivitas permainan tradisional untuk kedua kalinya. Setelah sebelumnya bertempat di Taman Lumbini Candi Borobudur, kegiatan permainan tradisional dilaksanakan di area car free day (CFD) Rindam IV Diponegoro Kota
kebudayaan.kemdikbud.go.id
Balai Konservasi Borobudur (BKB) menggelar aktivitas permainan tradisional untuk kedua kalinya. Setelah sebelumnya bertempat di Taman Lumbini Candi Borobudur, kegiatan permainan tradisional dilaksanakan di area car free day (CFD) Rindam IV Diponegoro Kota Magelang (06/10/2019).

Setiap anak suka bermain. Mereka bermain dengan menggunakan suara, tangan, kaki, maupun berbagai benda yang ada di sekitar. Kadang mereka bermain sendiri-sendiri, ada pula yang bersama dalam bentuk kelompok.

Bermain merupakan awal dari perkembangan kreativitas anak. Dalam permainan yang menyenangkan, anak dapat mengungkapkan imajinasinya dengan bebas. Dengan demikian, kegiatan bermain dapat dijadikan sarana dalam mengembangkan kreativitas anak.

Advertisement

Ada begitu banyak permainan anak di Indonesia. Secara garis besar, permainan dibedakan menjadi dua, yaitu permainan modern dan tradisional. Dewasa ini, lebih banyak anak bermain permainan modern karena mudahnya akses internet. Padahal, permainan tradisional juga tak kalah seru.

Setiap daerah memiliki permainan tradisional yang khas. Terkadang, ada permainan yang sama cara memainkannya namun namanya berbeda. Permainan tradisional saat ini jarang sekali dimainkan anak-anak.

Terlepas dari permainan modern, sebagai bangsa Indonesia, kita tidak boleh lupa tentang permainan  tradisional yang merupakan bagian dari kekayaan budaya bangsa.

Jenis Permainan Tradisional Indonesia

Adapun jenis permainan tradisional dapat disimak berikut ini.

1. Gatrik

Dalam buku Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu oleh Andreas Supriyono dijelaskan, permainan tradisional gatrik adalah permainan yang menggunakan dua batang bambu.

Sebelumnya, dua batang bambu  diiris tipis dengan panjang yang berbeda. Bambu satu berukuran kurang lebih 30 sentimeter dan bambu yang lain berukuran kira-kira 15 sentimeter. Selain dua batang bambu, dalam permainan gatrik juga dibutuhkan dua buah batu bata. Batu bata ini digunakan sebagai penopang bambu yang berukuran lebih pendek.

Untuk bermain gatrik, kumpulkan teman-teman dengan jumlah genap, setidaknya 6 sampai 8 anak. Jumlah ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Aturan bermain gatrik sangat mudah dan sederhana. Dua kelompok masing-masing memiliki tugas.

Kelompok 1 bertugas melempar bambu, sedangkan kelompok yang lain bertugas menangkap bambu. Jika bambu berhasil ditangkap oleh lawan main, itu artinya pemain bisa bertukar posisi. menang atau kalah dalam permainan gatrik, ditentukan dengan jumlah poin. Bagi kelompok yang memiliki banyak poin, itulah yang menang.

2. Egrang

Egrang adalah permainan tradisional yang awalnya populer di daerah Jawa Barat. Itulah sebabnya permainan ini menjadi permainan tradisional khas Jawa Barat (daerah Sunda). Karena seru dan menarik, permainan tradisional egrang kemudian banyak diminati oleh masyarakat dari daerah-daerah lain di Jawa.

Bermain egrang menggunakan sepasang bambu, lalu dibuat tumpuan sebagai alas kaki. Oleh sebab itu, anak-anak boleh meminta bantuan orang dewasa dulu untuk membuatnya. Bagian tersulit dalam permainan egrang adalah menjaga keseimbangan tubuh. Untuk itu, pemain egrang perlu berlatih dengan sabar dan tekun.

3. Bola Bekel

Bola bekel merupakan permainan tradisional yang tidak membutuhkan banyak energi tapi tetap menyenangkan. Cara memainkan bola bekel membutuhkan keahlian karena tidak semudah yang dibayangkan. Alat yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah bola bekel (bola karet) dan biji bekel yang berjumlah 6.

Dalam permainan tradisional bola bekel, pemain memainkannya dengan cara memantulkan bola bekel dan mengambil biji  bekel satu per satu. Setelah habis, naik ke level berikutnya yaitu mengambil 2 biji sekaligus sampai habis dan seterusnya.

4. Layangan

Permainan tradisional ini populer di kalangan anak laki-laki. Layangan mempunyai nama lain, seperti layang-layang atau wau. Layangan merupakan lembaran tipis berkerangka yang diterbangkan oleh pemainnya ke udara di area yang lapang.

Untuk mengendalikan layangan, ada seutas benang yang dipegang pemain. Permainan permainan tradisional ini memanfaatkan kekuatan angin untuk menerbangkannya sehingga umumnya dimainkan saat musim kemarau, dimana angin berhembus cukup kencang.

Selain sebagai permainan anak-anak, layang-layang dipakai dalam acara ritual tertentu, biasanya berkaitan dengan budaya pertanian. Di beberapa daerah, layang-layang dipakai sebagai alat bantu memancing dan menjerat kelelawar. Permainan permainan tradisional layangan minimal dimainkan oleh dua orang dan semakin banyak, akan semakin seru.

5. Lompat Tali

Permainan tradisional lompat tali biasanya digemari oleh anak perempuan. Sebelum bermain lompat tali, siapkan karet gelang yang disambung satu per satu hingga menjadi panjang dan ujung karet masing-masing diikat.

Permainan permainan tradisional ini biasanya dimainkan lebih dari 2 orang karena untuk memegang tali dibutuhkan 2 orang. Namun, jika kekurangan pemain atau tali tidak ingin dipegang, tali bisa diikatkan ke tiang atau pohon.

Cara memainkan permainan tradisional ini dimulai dengan posisi tali paling rendah. Para pemain melompati tali tersebut. Jika sudah berhasil tali dinaikkan lebih tinggi hingga sejengkal diatas kepala. Jika tidak bisa melompati pada ketinggian diatas kepala maka pemain harus mengulang dari posisi paling rendah (mengulang dari awal).

6. Congklak

Congklak atau disebut juga dakon adalah permainan tradisional yang membutuhkan papan congklak dan kerikil atau biji-bijian. Papan congklak memiliki 16 lubang yang terdiri dari 2 lubang besar dan 14 lubang kecil. Permainan tradisional ini hanya bisa dimainkan oleh 2 orang dan membutuhkan 98 kerikil atau biji.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement