Ini Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Aman Digunakan

Image title
1 September 2021, 17:10
Ilustrasi seorang wanita menderita sakit gigi. Penderita sakit gigi dapat meredakan sakit dengan menggunakan obat sakit gigi yang sudah terbukti aman dikonsumsi.
Andrea Piacquadio/Pexels
Ilustrasi seorang wanita menderita sakit gigi

Saat sedang sakit gigi, Anda perlu mencari tahu sumber sakit tersebut. Dengan mengetahui sumbernya, Anda dapat menentukan obat sakit gigi terbaik untuk meredakan rasa sakit, bengkak, atau gejala lainnya.

Menurut Cleveland Clinic, sakit gigi adalah rasa sakit di dalam atau di sekitar gigi. Sakit gigi ringan bisa berasal dari iritasi gusi sementara yang bisa Anda obati di rumah. Sedangkan sakit gigi yang lebih parah disebabkan oleh masalah gigi dan mulut yang tidak akan sembuh dengan sendirinya dan perlu ditangani oleh dokter gigi.

Berdasarkan artikel dari Puslitbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan, sakit gigi sangat terkait dengan kualitas hidup seseorang. Masalah ini berdampak pada aktivitas sehari-hari seperti bekerja, sekolah, gangguan tidur, juga gangguan makan.

Penyebab sakit gigi dan penyakit gusi adalah kebersihan mulut yang buruk. Beberapa faktor penyebab sakit gigi meliputi:

  • Terlalu banyak makan makanan mengandung gula.
  • Konsumsi alkohol.
  • Merokok.
  • Kekurangan vitamin.

Selain itu, sakit gigi juga dipengaruhi oleh:

  • Umur
  • Jenis kelamin
  • Kondisi rongga mulut dan faktor sistemik

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Cara paling ampuh untuk mengobati sakit gigi adalah mengonsumsi obat sakit gigi generik. Beberapa obat sakit gigi generik dijual bebas di apotek tanpa perlu resep dokter. Obat-obat ini sudah memiliki izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat sakit gigi yang paling umum digunakan pada nyeri akut dan sering diresepkan sebagai analgesik (pereda sakit) yang memiliki sifat anti-inflamasi dalam praktek kedokteran gigi. Hal tersebut sesuai dengan penelitian oleh Prof. Dr. Alessandro Pozzi dari Italian Ministry of University and Research dalam artikel Pain management for dentists: the role of ibuprofen.

Menurut Pusat Informasi Obat Nasional (PIONAS) Badan Pengawas Obat dan Makanan, dosis ibuprofen berbeda untuk setiap orang, yaitu:

  • Dewasa: 200-250 mg diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak umur 8-12 tahun: 200-250 mg diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak umur 3-7 tahun: 100-125 mg diminum 3-4 kali sehari. 
  • Anak umur 1-2 tahun: 50 mg diminum 3-4 kali sehari.

Ibuprofen tidak boleh diberikan pada anak dengan berat badan kurang dari 7 kg dan sebaiknya diminum setelah makan.

2. Parasetamol

Parasetamol atau disebut Asetaminofen adalah obat sakit gigi generik yang digunakan untuk mengatasi nyeri ringan sampai sedang. Parasetamol sangat berguna bagi orang yang tidak dapat mengonsumsi ibuprofen. Parasetamol tersedia dalam bentuk tablet dan cair. Namun, parasetamol tidak mengurangi peradangan.

Anda tidak boleh menggunakan obat ini jika Anda memiliki penyakit hati yang parah. Overdosis parasetamol dapat merusak hati atau menyebabkan kematian. Dosis yang dianjurkan adalah:

  • Orang dewasa dan remaja yang memiliki berat setidaknya 50 kg tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1000 miligram (mg) dalam satu kali minum atau lebih dari 4000 mg dalam 24 jam.
  • Anak-anak di bawah 12 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 5 dosis dalam 24 jam. Gunakan persis seperti yang diarahkan pada label.

Obat Sakit Gigi untuk Anak

Obat sakit gigi yang baik untuk anak menurut BPOM adalah parasetamol. Efek analgesik parasetamol dalam mengatasi sakit gigi tidak sekuat ibuprofen sehingga cocok untuk anak-anak.

Parasetamol tidak mempengaruhi waktu pendarahan (bleeding time) ataupun berinteraksi secara signifikan dengan warfarin (obat pengencer darah). Parasetamol juga tidak terlalu mengiritasi lambung sehingga sesuai untuk anak-anak.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...