Beragam Manfaat Daun Jarak, Bisa untuk Obat Sakit Gigi

Siti Nur Aeni
30 Agustus 2021, 12:25
Beragam Manfaat Daun Jarak, Bisa untuk Obat Saki Gigi
http://disbun.jabarprov.go.id
Tanaman Jarak yang kaya akan manfaat bagi kesehatan

Tanaman jarak bukan tanaman baru di Indonesia, sudah ada sejak zaman dahulu. Jarak bisa hidup di suhu 20 hingga 30 derajat celcius. Tanaman jarak biasanya digunakan sebagai obat herbal. Bagian yang biasa dimanfaatkan yaitu daunnya.

Ada beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan

Sejauh ini daun jarak dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Dalam Jurnal Ners Universitas Pahlawan Vol 2, No. 2 tahun 2018, tanaman ini biasa digunakan untuk mengobati demam, luka, rematik, batuk, perut kembung, dan lain sebagainya.

Pada jurnal tersebut juga dijelaskan bahwa ekstrak dari tanaman jarak memiliki kemampuan anti mikroba, antioksidan, hingga efek sitotoksis dan biodisel. Dari hasil uji fitokimia  ekstrak kasar dari kulit batang jarak memiliki kandungan seperti alkaloid, karbohidrat steroid, terpenoid, flafonoid, saponin, dan tanin. Senyawa-senyawa tersebut jugalah yang membuat tanaman ini kaya akan manfaat.

Pada laman disbun.jabarprov.go.id daun jarak juga memberikan manfaat seperti obat untuk luka, eksim, gatau-gatak, batuk, sesak napas atau asma, hingga mengatasi penyakit hernia. Sementara itu, akarnya memiliki manfaat untuk mengibati rematik, tetanus, epilepsi, bronkitis pada anak, TBC kelenjar, dan penyakit schizoprenia. Melansir dari laman sehatq.com, ada beberapa manfaat dari daun jarak bagi kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasannya.

1. Membunuh Bakteri

Jarak memiliki kemampuan untuk melawan bakteri yanga da di dalam tubuh. Sifat anti bakteri yang ditimbulkan dipercaya bisa melawan pertumbuhan bakteri E. coli, S. aureus, K. pneumonia, dan bakteri dari jenis Strep. Agar manfaat daun jarak semakin terasa, anda bisa mencampurkan dengan ekstras aseton.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah di Dalam Tubuh

Manfaat yang kedua bisa dirasakan oleh mereka yang menderita penyakit diabetes. Daun jarak dipercaya bisa mengkontrol kadar gula di dalam darah. Dengan kadar gula yang terjaga, maka risiko penyaki diabetes bisa dihindari.

Namun untuk mengkonsumsi daun jarak sebagai obat utama, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Sebab kadar gula yang terlalu rendah juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Jadi pastikan untuk konsumsi obat herbal ini dalam dosis secukupnya.

3. Memperbaiki Fungsi Organ Hati

Manfaat daun jarak bagi kesehatan lainnya yakni bisa untuk memperbaiki kerusakan organ hari. Sebuah studi yang pernah dilakukan diketahui bahwa ekstrak daun jarak terbukti untuk mengatasi kerusakan hati terutama yang disebabkan oleh gangguan kesehatan bernama galactosamine. Tidak hanya itu, daun jarak ini juga dipercaya bisa mengatasi peradangan termasuk peradangan di organ hati.

4. Mengobati Sakit Gigi

Daun jarak memiliki kandungan alkaloid, sehingga bisa meredakan sakit pada gigi. Kandungan alkaloid ini banyak ditemukan pada getah daun jarak.

Manfaat Daun Jarak untuk Rambut

Selain bemanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh, manfaat lain dari tanaman jarak ternyata bisa untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat tersebut bisa didapatkan dari pengolahan jarak menjadi minyak. Kandungan asam lemak yang cukup tinggi membuat minyak ini bisa mencukupi nutrisi pada rambut serta kulit kepala.

Dengan nutrisi yang terpenuhi, rambut akan lebih sehat. Untuk menggunakannya cukup mudah, Anda bisa terlebih dahulu meneteskan minyak jarak ke tangan, kemudian mengusapkan minyak tersebut ke rambut sampai merata.

Anda juga bisa langsung mengoleskan minyak jarak ke kulit kepala untuk mengobati masalah kulit kepala. Dengan kulit kepala yang sehat maka berbagai masalah kesehatan pada kulit bisa diatasi. Selain itu, kulit yang sehat juga bisa memacu pertumbuhan rambut.

Manfaat daun jarak untuk rambut lainnya yaitu dipercaya bisa mengatasi masalah ketombe rambut. Hal ini dijelaskan pada doktersehat.com, bahwa untuk mengatasi ketombe bisa dnegan menggunakan daun jarak. Caranya yaitu dengan menumbuh daun jarak sampai halus kemudian mengoleskan pada rambut sampai rata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air dan shampo.

Selain untuk memperindah rambut, minyak jarak juga bermanfaat untuk memanjangkan bulu mata. Mengutip dari laman klikdokter.com, minyak jarak memiliki kandungan asam risinoleat. Asam inilah yang berperan untuk menghalangi protein prostaglandin D2 yang merupakan penghambat pertumbuhan rambut. Jika protein dihalangi, potensi pertumbuhan rambut akan lebih cepat. Meskipun belum ada penelitian yang spesifik menjelaskan manfaat daun jarak untuk bulu mata, tidak ada salahnya jika ingin mencoba mengaplikasikannya.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...