Beragam Manfaat Daun Jarak, Bisa untuk Obat Sakit Gigi

Image title
30 Agustus 2021, 12:25
Beragam Manfaat Daun Jarak, Bisa untuk Obat Saki Gigi
http://disbun.jabarprov.go.id
Tanaman Jarak yang kaya akan manfaat bagi kesehatan

Tanaman jarak bukan tanaman baru di Indonesia, sudah ada sejak zaman dahulu. Jarak bisa hidup di suhu 20 hingga 30 derajat celcius. Tanaman jarak biasanya digunakan sebagai obat herbal. Bagian yang biasa dimanfaatkan yaitu daunnya.

Ada beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan

Sejauh ini daun jarak dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Dalam Jurnal Ners Universitas Pahlawan Vol 2, No. 2 tahun 2018, tanaman ini biasa digunakan untuk mengobati demam, luka, rematik, batuk, perut kembung, dan lain sebagainya.

Pada jurnal tersebut juga dijelaskan bahwa ekstrak dari tanaman jarak memiliki kemampuan anti mikroba, antioksidan, hingga efek sitotoksis dan biodisel. Dari hasil uji fitokimia  ekstrak kasar dari kulit batang jarak memiliki kandungan seperti alkaloid, karbohidrat steroid, terpenoid, flafonoid, saponin, dan tanin. Senyawa-senyawa tersebut jugalah yang membuat tanaman ini kaya akan manfaat.

Pada laman disbun.jabarprov.go.id daun jarak juga memberikan manfaat seperti obat untuk luka, eksim, gatau-gatak, batuk, sesak napas atau asma, hingga mengatasi penyakit hernia. Sementara itu, akarnya memiliki manfaat untuk mengibati rematik, tetanus, epilepsi, bronkitis pada anak, TBC kelenjar, dan penyakit schizoprenia. Melansir dari laman sehatq.com, ada beberapa manfaat dari daun jarak bagi kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasannya.

1. Membunuh Bakteri

Jarak memiliki kemampuan untuk melawan bakteri yanga da di dalam tubuh. Sifat anti bakteri yang ditimbulkan dipercaya bisa melawan pertumbuhan bakteri E. coli, S. aureus, K. pneumonia, dan bakteri dari jenis Strep. Agar manfaat daun jarak semakin terasa, anda bisa mencampurkan dengan ekstras aseton.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah di Dalam Tubuh

Manfaat yang kedua bisa dirasakan oleh mereka yang menderita penyakit diabetes. Daun jarak dipercaya bisa mengkontrol kadar gula di dalam darah. Dengan kadar gula yang terjaga, maka risiko penyaki diabetes bisa dihindari.

Namun untuk mengkonsumsi daun jarak sebagai obat utama, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Sebab kadar gula yang terlalu rendah juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Jadi pastikan untuk konsumsi obat herbal ini dalam dosis secukupnya.

3. Memperbaiki Fungsi Organ Hati

Manfaat daun jarak bagi kesehatan lainnya yakni bisa untuk memperbaiki kerusakan organ hari. Sebuah studi yang pernah dilakukan diketahui bahwa ekstrak daun jarak terbukti untuk mengatasi kerusakan hati terutama yang disebabkan oleh gangguan kesehatan bernama galactosamine. Tidak hanya itu, daun jarak ini juga dipercaya bisa mengatasi peradangan termasuk peradangan di organ hati.

4. Mengobati Sakit Gigi

Daun jarak memiliki kandungan alkaloid, sehingga bisa meredakan sakit pada gigi. Kandungan alkaloid ini banyak ditemukan pada getah daun jarak.

Manfaat Daun Jarak untuk Rambut

Selain bemanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh, manfaat lain dari tanaman jarak ternyata bisa untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat tersebut bisa didapatkan dari pengolahan jarak menjadi minyak. Kandungan asam lemak yang cukup tinggi membuat minyak ini bisa mencukupi nutrisi pada rambut serta kulit kepala.

Dengan nutrisi yang terpenuhi, rambut akan lebih sehat. Untuk menggunakannya cukup mudah, Anda bisa terlebih dahulu meneteskan minyak jarak ke tangan, kemudian mengusapkan minyak tersebut ke rambut sampai merata.

Anda juga bisa langsung mengoleskan minyak jarak ke kulit kepala untuk mengobati masalah kulit kepala. Dengan kulit kepala yang sehat maka berbagai masalah kesehatan pada kulit bisa diatasi. Selain itu, kulit yang sehat juga bisa memacu pertumbuhan rambut.

Manfaat daun jarak untuk rambut lainnya yaitu dipercaya bisa mengatasi masalah ketombe rambut. Hal ini dijelaskan pada doktersehat.com, bahwa untuk mengatasi ketombe bisa dnegan menggunakan daun jarak. Caranya yaitu dengan menumbuh daun jarak sampai halus kemudian mengoleskan pada rambut sampai rata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air dan shampo.

Selain untuk memperindah rambut, minyak jarak juga bermanfaat untuk memanjangkan bulu mata. Mengutip dari laman klikdokter.com, minyak jarak memiliki kandungan asam risinoleat. Asam inilah yang berperan untuk menghalangi protein prostaglandin D2 yang merupakan penghambat pertumbuhan rambut. Jika protein dihalangi, potensi pertumbuhan rambut akan lebih cepat. Meskipun belum ada penelitian yang spesifik menjelaskan manfaat daun jarak untuk bulu mata, tidak ada salahnya jika ingin mencoba mengaplikasikannya.

Dalam laman klikdokter.com, juga diberikan beberapa tips untuk mengaplikasi minyak jarak sebagai bahan pemanjang bulu mata secara alami agar tetap aman namun hasilnya maksimal. Tips tersebut seperti berikut ini:

  • Bersihkan bulu mata dari make up dan kotoran lainnya.
  • Gunakan minyak jarak sebelum tidur.
  • Tungakan sedikit minyak jarang pada cutton bud.
  • Tutup mata kemudian usapnya cutton bud secara hati-hati di sepanjang garis bulu mata. Jangan sampai minyak tersebut masuk ke dalam mata. Namun jika tidak sengaja masuk, anda bisa langsung mencuci mata dengan air mengalir.
  • Oleskan hingga merata.
  • Diamkan semalakan.
  • Saat pagi hari cuci bersih bulu mata dengan air atau micellar water.

Manfaat Daun Jarak untuk Pria

Beredar mitos di masyarakat bahwa manfaat daun jarak untuk pria bisa memperbesar ukuran penis. Dijelaskan oleh dr. Rio Gasa Handriyo dalam laman alodokter.com, pernyataan tersebut belum ada buktinya secara ilmiah. Meskipun daun jarak memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, namun terkait fungsi memperbesar ukuran alat vital belum bisa dibuktikan. Penggunaan daun jarak untuk menambah ukuran alat vital justru berisiko memicu masalah kesehatan lain seperti alergi atau iritasi. Ia menyarankan sebaiknya cara tersebut dihindari karena risikonya cukup tinggi.

Sementara itu pada laman doktersehat.com, dijelakskan terkait manfaat daun jarak untuk pria yakni bisa meningkatkan produksi hormon testireton. Hal tersebut dikarenakan daun jarak memiliki kandungan fitronutrien dan bisa menghalangi aromatase. Sehingga produksi testoreron bisa meningkat secara alami.

Manfaat Daun Jarak untuk Wanita

Selain untuk pria, ada juga manfaat daun jarak untuk wanita. Setidaknya diketahui ada dua manfaat ekstrak tanaman jarak untuk para wanita. Berikut penjelasannya.

1. Mengencangkan Payudara

Melansir dari doktersehat.com, daun jarak ternyata dipercaya bisa mengencangkan payudara. Adapun cara untuk menggunakannya bisa dengan mengahaluskan daun jarak sebanyak 3 sampai 5 helai. Kemudian oleskan pada area payudara dan diamkan sampai sekitar 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan air hangat.

2. Induksi Persalinan

Manfaat tanaman jarak sebagai induksi persalinan bisa didapatkan dari minyaknya. Menurut keterangan pada hellosehat.com, minyak jarak bisa merangkan gerakan peristaltik di usus sehingga mengiritasi rahim. Saat kondisi tersebut terjadi, maka bisa menyebabkan kontraksi. Minyak jarak juga memungkinkan terjadinya pelepasan reseptor prostaglandin sehingga mengakibatkan terjadinya pelebaran leher rahim.

Meskipun bisa menjadi induksi persalinan namun penggunaan minyak jarak ini kurang efektif dan bisa membahayakan untuk ibu atau bayinya. Minyak jarak bisa mengakibatkan kontraksi tidak teratur, hal tersebut bisa saja menyebabkan ibu dan bayi mudah stres.

Kondisi tersebut juga bisa menimbulkan rasa lelah hingga dehidrasi karena pengguna minyak jarak bisa menyebabkan muntah-muntah pada ibu hamil. Selain itu, bayi berpotensi mengalami mekonium atau fases bayi pertama yang tercampur dengan air ketuban saat dilahirkan. Tentu saja hal tersebut akan menyebabkan gangguan pada kesehatan bayi.

Apabila anda ingin menggunakan minyak jarak atau ekstrak tanaman jarak lainnya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Manfaat Getah Daun Jarak sebagai Obat Sakit Gigi

Selain ekstrak daun jarak, getah dari daun tanaman jarak juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan. Mengutip dari klikdokter.com, getah daun jarak ternyata bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Getah dari jarak ini bisa mengatasi nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi. Untuk menggunakan getah daun jarak sebagai obat sakit gigi ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Meneteskan Getahnya Langsung

Anda bisa langsung meneteskan getah daun jarak ini sebanyak 1 hingga 2 tetes pada gigi yang sakit. Setelah itu tutup dengan kapas. Meskipun cara ini cukup mudah dan ampuh, namun kurang dianjurkan sebab dosis yang diberikan menjadi kurang akurat. Jika terlalu banyak memberikan getah jarak secara langsung tentu bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain, bahkan kerusahakan gigi.

2. Konsumsi dalam Bentuk Ekstrak

Selain dengan cara diteteskan langsung, anda juga bisa mengkonsumsinya dalam bentuk ektrak. Cara ini relatif lebih aman hanya saja untuk mendapatkan ekstrak dari getah jarak cukup sulit.

Bukan hanya sakit gigi saja, namun getah daun jarak ternyata juga bisa mengatasi sariawan. Anda bisa mengoleskan getah daun ini pada sariawan di mulut. Manfaat getah daun jarak lainnya juga bisa untuk mengatasi gusi berdarah. Anda bisa membuatnya sebagai obat kumur untuk meredakan masalah kesehatan tersebut.

Meskipun cukup ampuh, namun dalam penggunaan getah jarak untuk mengatasi masalah kesehatan mulut harus tetap dikonsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan. Hal ini dikarenakan penggunaan yang berlebihan bisa saja menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih berisiko.

Itulah beberapa manfaat daun jarak yang harus anda ketahui. Tidak ada salahnya menggunakan obat herbal untuk mengatasi masalah kesehatan, namun dalam penggunaannya tidak boleh berlebihan. Dan sebisa mungkin menggali terlebih dahulu informasi dari sumber terpercaya sebelum menggunakan obat herbal.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait