Jaga Kedaulatan, Bakamla Dorong Aktivitas Ekonomi di Natuna

Rezza Aji Pratama
20 September 2021, 18:57
natuna, laut, bakamla
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/Lmo/aww.
Kapal motor membawa penumpang meninggalkan Dermaga Pelabuhan Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau, Senin(5/4/2021). Kapal motor tersebut menjadi sarana transportasi bagi masyarakat kepulauan di Natuna untuk menjangkau pulau-pulau sekitar seperti Pulau Batang dan Pulau Lagong dengan tarif Rp15 ribu - Rp30 ribu.

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mendorong aktivitas ekonomi di perairan Natuna Utara untuk menegaskan kedaulatan Indonesia di wilayah perbatasan.

Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia menegaskan saat ini kondisi di Laut Natuna Utara sudah aman dan kondusif. Ia pun mendorong para nelayan agar melanjutkan aktivitas seperti biasa, meskipun tidak sedikit kapal asing yang hilir mudik. Menurutnya, kehadiran nelayan aktivitas ekonomi berperan penting dalam menjaga kedaulatan.

"Kita harus bisa memanfaatkan, eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam yang ada di ZEE atau di landas kontinen. Kita tidak bisa hanya mengklaim di atas kertas sementara tidak ada aksi,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan DPR, Senin (20/19).

Aan melanjutkan selama ini aparat keamanan sudah sering menangkap dan mengusir kapal-kapal asing. Namun, hal ini dinilai tidak cukup untuk menjaga keamanan di perbatasan. Aktivitas eksplorasi dan penelitian juga diperlukan untuk menegaskan kedaulatan Indonesia.

"Terakhir melalui diplomasi. Jadi kita harus hadir, harus bisa memanfaatkan SDA. Ketiga diplomasi harus jalan. Ini paralel bertiga," Aan melanjutkan.

Bakamla menegaskan keberadaan kapal-kapal asing di perbatasan Laut Cina Selatan sebetulnya hal yang biasa terjadi. Wilayah tersebut merupakan akses kapal yang melalui Selat Sunda dan Selat Malaka. Kapal-kapal milik Amerika Serikat juga diketahui sering hilir mudik di kawasan tersebut untuk melintas damai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...