Peluang PDIP Rebut Kursi Mendagri Dinilai Sulit Diprediksi

Rezza Aji Pratama
4 Oktober 2021, 17:03
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kiri) berjabat tangan dengan pejabat lama Tjahjo Kumolo (kanan) sebelum acara serah terima jabatan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik Tito Karnavian menjadi Menteri Da
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kiri) berjabat tangan dengan pejabat lama Tjahjo Kumolo (kanan) sebelum acara serah terima jabatan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik Tito Karnavian menjadi Menteri Dalam Negeri dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Rencana perombakan kabinet atau reshuffle yang mencuat belakangan dibarengi kabar PDIP yang mengincar kursi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).  Pengamat politik menilai peluang PDIP menduduki kursi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sukar diprediksi.

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Presiden Joko Widodo punya gaya politik yang susah ditebak. Ia menilai presiden saat ini tidak bisa ditekan partai manapun. “Jokowi punya objektivitas tersendiri soal reshuffle,” ujarnya kepada Katadata, Senin (4/10). 

Advertisement

Kendati demikian, Adi menyebut peluang PDIP menggeser posisi Tito Karnavian sebagai Mendagri tetap terbuka. Apalagi posisi menteri ini dalam kabinet juga sangat strategis. Salah satunya adalah kewenangan menunjuk pelaksana tugas kepala daerah, yang tentunya tetap harus disetujui Presiden.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menyebut ada kemungkinan tukar guling antar Tito dan Tjahjo Kumolo sebagai Menpan RB. Motivasi utamanya adalah untuk mengamankan gelaran Pemilu 2024. Pasalnya, selain berwenang menunjuk plt. kepala daerah, Mendagri juga akan punya pengaruh besar terhadap tim seleksi penyelenggara pemilu di daerah.

“PDIP tentu ingin berkuasa tiga kali berturut-turut,” ujarnya saat dihubungi Katadata, Senin (4/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement