Ikut Melepas Lawatan Jokowi, Sinyal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI?

Rezza Aji Pratama
29 Oktober 2021, 14:41
Panglima TNI
Katadata
Presiden Jokowi dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (Foto: Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa ikut melepas lawatan Presiden ke Eropa di Bandara Soekarno-Hatta. 

Kehadiran Andika Perkasa kembali memanaskan isu soal calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun bulan depan. Apalagi pesaing kuat Andika, KSAL Yudo Margono justru absen dalam seremonial pelepasan Presiden tersebut.

Selain Andika, hadir juga Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Presiden Jokowi bertolak menuju Roma, Italia, dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20). Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) pada pukul 09.15 WIB. 

Presiden Jokowi menyatakan kunjungan ke Italia merupakan rangkaian awal kunjungan kerjanya ke tiga negara, yaitu Italia, Britania Raya, dan Persatuan Emirat Arab (PEA).

Di Roma, Italia, Presiden Jokowi akan berpartisipasi pada KTT G20 yang digelar pada 30-31 Oktober 2021. Sedangkan di Glasgow, Britania Raya, Presiden akan berpartisipasi dalam KTT Pemimpin Dunia COP26, pada tanggal 1-2 November 2021. Selain itu, Presiden juga akan melakukan kunjungan bilateral ke Persatuan Emirat Arab. 

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Roma, Italia, adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...