KSP Moeldoko Komentari Isu Hadi Tjahjanto Akan Masuk Kabinet

Rizky Alika
5 November 2021, 18:26
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersiap memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2021 di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (16/2/2021). Rapim itu mengangkat tema TNI kuat, solid, profesional, dicintai rakyat, siap mendukung percepatan penangan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersiap memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2021 di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dikabarkan bakal masuk dalam jajaran kabinet menteri setelah purnabakti. Namun, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan seseorang yang telah pensiun tidak harus menerima jabatan baru.

Moeldoko pun menceritakan pengalamannya. Setelah bertugas selama 35 tahun sebagai tentara, ia menikmati masa pensiun selama 2,5 tahun Kemudian pada Januari 2018, ia mulai menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Moeldoko menilai, 2,5 tahun menjadi waktu istirahat yang berarti bagi ia dan keluarganya.

Advertisement

"Apa yang saya rasakan menarik. Bisa merasakan sesuatu yang berbeda selama 2,5 tahun," ujar dia.

Ia pun belum bisa memastikan apakah Hadi akan masuk ke dalam jajaran menteri. "Tunggu saja waktunya. Kami belum bisa memberikan jawaban," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Seiring keputusan tersebut, kabar reshuffle alias kocok ulang kabinet kembali muncul.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Adi Prayitno memprediksi posisi calon Panglima baru akan dibarengi dengan kocok ulang kabinet. Apalagi Partai Amanat Nasional (PAN) telah masuk koalisi pemerintah.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement