Mulai 29 November, WNI Melancong ke Singapura Tak Perlu Karantina

Cahya Puteri Abdi Rabbi
16 November 2021, 08:37
Ilustrasi Singapura
Pixabay/Graham Hobster
Ilustrasi Singapura

Singapura akan memperluas skema jalur perjalanan bagi turis yang sudah divaksinasi Covid-19 atau vaccinated travel line (VTL) ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia mulai 29 November mendatang.

Menteri Perhubungan Singapura S. Iswaran mengatakan melalui ketentuan ini turis asing termasuk dari Indonesia tidak diwajibkan untuk menjalani karantina saat mengunjungi Singapura. Singapura berencana meluncurkan VTL dengan Indonesia dan India pada 29 November, kemudian dengan Qatar, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) pada 6 Desember mendatang.

Kendati demikian, Iswaran mengatakan sistem VTL dengan Indonesia saat ini masih bersifat sepihak, karena pemerintah Indonesia belum mengizinkan turis dari Singapura untuk berkunjung ke Tanah Air.

"Kami berharap, Indonesia juga segera membuka kembali perbatasannya untuk turis dari Singapura,” kata Iswaran dikutip dari Channel News Asia, Selasa (16/11).

Sebagai permulaan, akan ada dua layanan penerbangan harian antara Singapura dan Jakarta. Ini secara bertahap akan ditingkatkan menjadi empat layanan.

Sementara itu, aplikasi untuk pengunjung jangka pendek dan pemegang paspor jangka panjang akan dimulai pada 22 November untuk turis dari India dan Indonesia. Sedangkan bagi turis dari Qatar, Arab Saudi, dan UEA akan dapat mendaftar mulai 29 November.

Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengatakan bahwa, Singapura akan terus memantau situasi di seluruh dunia dengan cermat, dan memastikan bahwa pembukaan perjalanan tidak membebani sistem layanan kesehatan di negara tersebut.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...