Jokowi Bakal Lantik Panglima TNI Andika dan KSAD Dudung Siang Ini

Selain Panglima TNI Andika Perkasa, Jokowi akan melantik Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dan Mayor Jenderal TNI Suharyanto menjadi Kepala BNPB.
Image title
17 November 2021, 09:23
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) melakukan salam komado dengan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid (kanan) sebelum mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Ja
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) melakukan salam komado dengan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid (kanan) sebelum mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/w

Presiden Joko Widodo akan melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pada Rabu (17/11) siang. Selain itu, Kepala Negara juga akan melantik Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dan Mayor Jenderal TNI Suharyanto menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta. "Jam 13.30," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangannya, Rabu (17/11).

Saat ini, Dudung menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Ia baru saja diangkat menjadi Pangkostrad pada 25 Mei 2021.

Sebelum itu, ia menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jayakarta pada periode 2020—2021. Adapun, Dudung merupakan lulusan Akademi Militer 1988 dari cabang infanteri.

Advertisement

Sementara, Suharyanto akan menggantikan posisi Letjen Ganip Warsito yang akan pensiun pada bulan ini. Suharyanto merupakan lulusan Akademi Militer 1989 cabang infanteri.

Saat ini, ia menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya. Sebelum itu, ia sempat ditugaskan sebagai Sekretaris Militer Presiden mendampingi Jokowi pada 2019-2020.

Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) Jaya/Jayakarta pada 2018-2019.

Selain itu, Jokowi juga akan melantik 12 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh. Duta besar yang akan dilantik ialah sebagai berikut:

1. Calon Dubes RI Roma, M. Prakosa
2. Calon Dubes RI Portugal, Rudy Alfonso
3. Calon Dubes RI Kiev, Ghafur Akbar Dharmaputra
4. Calon Dubes RI Warsawa, Anita Luhulima
5. Calon Dubes Zagreb, Suwartini Wirta
6. Calon Dubes New Delhi, Ina Krisnamurti
7. Calon Dubes Ottawa, Daniel Tumpal Simanjuntak
8. Calon Dubes Tunis, Zuhairi Misrawi
9. Calon Dubes Wina, Damos Agusman
10. Calon Dubes Dhaka, Heru Subolo
11. Calon Dubes Seoul, Gandi Sulistiyanto
12. Calon Dubes Tanzania, Triyogo Jatmiko

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait