Dudung Abdurrachman, Musuh Besar FPI Yang Jadi Calon KSAD

Rezza Aji Pratama
17 November 2021, 10:25
KSAD Dudung Abdurrachman
Katadata
KSAD Dudung Abdurrachman

Pengangkatan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI ikut membawa angin segar bagi Letnan Jenderal Dudung Abdurrachman. Sebagai mantan Pangdam Jaya dan kini Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Dudung sudah mendapat konfirmasi dari Istana untuk menggantikan Andika sebagai KSAD.

Dudung Abdurrachman lahir di Bandung pada 19 November 1995. Ia menjadi Pangkostrad  sejak 25 Mei 2021. Ini jabatan strategis di tubuh TNI AD. Hampir semua Panglima TNI pernah menjadi Pangkostrad sebelum jadi TNI 1.

Nama Dudung mulai dikenal publik terutama sejak menjadi Pangdam Jaya menggantikan Letjen Eko Margiyono. Salah satu tindakannya yang paling disorot adalah saat Dudung memerintahkan anak buahnya mencopot baliho Front Pembela Islam (FPI) pada November 2020. Aksi ini bahkan juga dilakukan di markas FPI di Petamburan. Kala itu, Dudung bahkan menyerukan agar FPI dibubarkan saja jika berani macam-macam dengan TNI.

Tak pelak aksi ini memantik irisan dengan kelompok pimpinan Rizieq Shihab ini. Dalam sidang kasus tes swab RS Ummi Bogor, Rizieq sempat menyindir Dudung dan jabatan barunya sebagai Pangkostrad.

“Semoga dengan jabatan barunya [Dudung] berani mengerahkan pasukan ke pertempuran bukan ke Petamburan, khususnya Papua untuk melawan para teroris separatis,” ujar Rizieq saat membacakan pleidoi (10/6).

Baru-baru ini, Rizieq kembali menyerukan pendukungnya untuk memboikot Dudung dan Kapolda Metro Jaya Mohammad Fadil Imran. Ini terutama terkait dengan peristiwa penembakan laskar FPI oleh anggota polisi pada 7 Desember 2020.

Sikap tegas Dudung terhadap FPI inilah yang kabarnya membuat kalangan elit Istana menyukainya. Apalagi ia juga dianggap berhasil menekan angka Covid-19 di ibukota melalui kerja sama padu dengan pihak kepolisian dan pemerintah daerah.

Kendati demikian, nama Dudung sejatinya sudah mulai diperhatikan saat ia masih menjadi Gubernur Akademi Militer. Pada Februari 2020, ia membangun patung Soekarno di pelataran utama sekolah calon perwira TNI tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...